SEJARAH UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG

Universitas Muhammadiyah Palembang dicetuskan oleh tokoh-tokoh muda Muhammadiyah yaitu: Drs. M. Djakfar Murod (rektor tahun 1979-1989) dan kawan-kawan seperti Drs. Sanusi Has, Drs. Al Hady Haq, Drs. Idris Halim, dan Drs. Fikhri Bastari. Pada tahun 1963 dari cetusan kelompok muda ini disambut baik oleh para tokoh pimpinan Muhammadiyah Wilayah Sumatera Selatan H. M. Siddik Adiem, K. H. Masyhur Azhari, Djama’in Sutan Marajo, M. Yunus, Datuk Rusli, Zamhari Abidin, S.H. yang akhirnya dikenal sebagai perintisnya.

Usaha mereka ini belum dapat diwujudkan karena berlakunya Undang-undang Nomor 22 tahun 1961, dimana persyaratan mendirikan Perguruan Tinggi Swasta minimal memiliki 4 (empat) Fakultas dan 2 (dua) di antaranya adalah Fakultas Eksakta. Pada tahun 1963 didirikan Fakultas Hukum dan Fakultas Filsafat Muhammadiyah (FHFM). FHFM inilah merupakan embrio Universitas Muhammadiyah Palembang. Pada mulanya kegiatan perkuliahan dilakukan di Masjid Muhammadiyah Bukit Kecil Palembang dengan jumlah mahasiswa 20 orang

Kemudian baru pada tanggal 15 Juni 1979 M. bersamaan dengan tanggal 20 Rajab 1399 H. Universitas Muhammadiyah Palembang resmi dibuka dengan 3 (tiga) fakultas, dengan Surat Keputusan Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (YPTM) Sumatera Selatan nomor 010/YPTM/79

Universitas Muhammadiyah Palembang sekarang telah memiliki 7 Fakultas Strata satu (S1) dan 4 Program Studi Pascasrjana dua (S2) ,mahasiswa kami sebanyak 12.000 dan jumlah alumni kami telah mencapai 47.000 orang.

Kami percaya kami dapat berbangga dan menjadi kebanggaan seluruh bangsa Indonesia dengan keberhasilan kami di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat dan Al Islam Kemuhammadiyahan serta terjalin kerjasama internasional kami sehingga Universitas Muhammadiyah Palembang menjadi Universitas yang diakui dan dibanggakan di dunia Internasional.

Cita-cita tersebut menjadi semangat dan kemajuan untuk Universitas Muhammadiyah Palembang yang berkemajuan. Universitas Muhammadiyah Palembang berkomitmen untuk memberikan keunggulan dan keislaman sesuai dengan motto kami Unggul dan Islami.