“Barakallah fii ilmi, buat Ananda Semoga ilmu yang kamu miliki membawa berkah dan kemanfaatan bagi agama, bangsa, dan umat. Teruslah mengamalkan ilmu dengan penuh rasa syukur kepada Allah SWT”
News Update Mahasiswa


Gunawan, atlet olahraga Petanque yang juga seorang mahasiswa Program Studi Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Palembang merasa bangga dan terharu, dapat menyumbangkan dua medali emas pada ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi (Pomprov) Sumsel 2022 yang digelar di lapangan Petanque Talang Semut pada 23-24 Agustus 2022 kemarin.
Bersama rekat atlet satu kampusnya yakni Dordown, Apriansyah, Anwarul Fikri, Erien Fransiska dan Gunawan memperoleh prestasi medali, 4 emas, 3 perak dan 1 perunggu.
Gunawan sendiri menyumbang 2 medali emas di nomor single man dan double man.
Dengan perolehan tersebut, menghantarkan Universitas Muhammadiyah menjadi juara umum Pomprov Sumsel 2022, menyingkirkan universitas lain di Sumsel.
“Saya terharu dan bangga bisa menyumbangkan dua emas untuk kampus saya Universitas Muhammadiyah,” kata mahasiswa asal Desa Sungai Lebung, Pemulutan Selatan.
Workshop Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah 2022



Kegiatan Workshp [Pendamping Penulisan Karya Tulis Ilmiah] “Karya tulis ilmiah bereputasi nasional dan internasional bagi dosen dan mahasiswa program studi teknologi informasi”
Selain Mengajar , Dosen Program Studi Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Palembang diwajibkan untuk melakukan Catur Darma. Salah satunya Penelitian Karya Ilmiah. Dengan melakukan penelitian diharapkan dapat memberikan peranan nyata di Dunia masyarakat, Dunia industri dan Dunia Pendidikan tentunya.
Oleh karena itu Kualitas karya tulis yang dituangkan di dalam sebuah penelitian harus berkompeten dan bermanfaat.
Program Studi Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Palembang berkesempatan mengundang Bapak Darius Antoni,S.Kom.,MM.,Ph.D. Ketua APTIKOM SUMATERA SELATAN seorang Narasumber yang Berpengalaman dan memiliki ide kreatif serta wawasan yang luas dalam hal penelitian yang khususnya di Bidang Ilmu Komputer.
Semoga di dalam acara ini dapat memberikan manfaat bagi Dosen dan Mahasiswa Program Studi Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Palembang.
Nama-Nama Wakil Dekan di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Palembang Periode 2020-2024 yang Dilantik
Palembang, klikampera.com – Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., melantik Wakil-Wakil Dekan Periode 2020-2024 di lingkungan Fakultas Universitas Muhammadiyah Palembang, Sabtu (9/5/2020).
Turut hadir dalam pelantikan Wakil Dekan tersebut, Wakil Rektor, Dekan, Direktur Pascasarjana, dan Ketua Badan Pembina Harian Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. H.M. Idris, S.E., M.Si., serta jajaran.
Berikut Nama-Nama Wakil Dekan di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Palembang Periode 2020-2024 yang Dilantik :
1. Fakultas Teknik
Wakil Dekan I : Netty Herawati, S.T., M.T.
Wakil Dekan II : Ir. Junaidi, M.T.
Wakil Dekan III : Ir. Legiso, M.Si.
Wakil Dekan IV : Sayyid Habiburrahman, S.Pd.I., M.Pd.I.
2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Wakil Dekan I : Hj. Maftuhah Nurrahmi, S.E., M.Si.
Wakil Dekan II : Aprianto, S.E., M.Si.
Wakil Dekan III : M. Orba Kurniawan, S.E., S.H., M.Si.
Wakil Dekan IV : Drs. Hoirul Amry, M.E.Sy.
3. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Wakil Dekan I : Dr. Saleh Hidayat, M.Si.
Wakil Dekan II : Dr. Yetty Hastiana, M.Si.
Wakil Dekan III : Drs. Refson, M.Pd.
Wakil Dekan IV : Amrullah, S.Pd.I., M.Pd.I.
4. Fakultas Pertanian
Wakil Dekan I : Harniatun Iswarini, S.P.,M.Si.
Wakil Dekan II : Helmi Zuryani, S.Pi., M.Si.
Wakil Dekan III : Dr. Ir. Alhanannasir, M.Si.
Wakil Dekan IV : Idmar Wijaya, S.Ag., M.Hum.
5. Fakultas Hukum
Wakil Dekan I : Soleh Idrus, S.H., M.S.
Wakil Dekan II : Mona Wulandari, S.H., M.H.
Wakil Dekan III : Mulyadi, S.H., M.H.
Wakil Dekan IV : Rijalush Shalihin, S.E.I., M.H.I.
6. Fakultas Agama Islam
Wakil Dekan I : Rulitawati, S.Ag., M.Pd.I.
Wakil Dekan II : Dr. Ani Aryati, S.Ag., M.Pd.I.
Wakil Dekan III : Helyadi, S.H., M.H.
7. Fakultas Kedokteran
Wakil Dekan I : dr. Liza Chairani, M.Kes., S.pA.
Wakil Dekan II : dr. Ni Made Elva Mayasari, Sp.JP.
Wakil Dekan III : dr. R.A. Tanzila, M.Kes.
Wakil Dekan IV : Yahya, S.Pd.I., Lc., M.Pd.
PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT OLEH DOSEN DAN MAHASISWA PRODI TEKNOLOGI INFORMASI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG
Palembang, 22 Februari 2020
Telah dilaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Dosen dan Mahasiswa Prodi Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang di SMK Muhammadiyah 2 Palembang dengan Tema ” Metode Pembelajaran Menggunakan Media E-Learning (Class Room) Pada Guru SMA Muhammadiyah 2 Palembang”
Google class room adalah suatu learning management system yang dapat digunakan untuk menyediakan bahan ajar, tes yang terintegrasi penilaian. Berbeda dengan media pembelajaran yang lain keunggulan media google class room adalah masalah efektifitas dan efisiensi dalam pembelajaran.
Untuk memulai menggunakan google class room kita terlebih dahulu masuk dalam akun google dan kemudian mencari produk google tersebut. setelah masuk pada akun google classroom kita dihadapapkan pada tiga menu utama yaitu stream /aliran, classwork/aktifitas siswa dan people. Stream adalah fasilitas google class yang dapat digunakan untuk membuat pengumunan, mendiskusikan gagasan atau melihat aliran tugas,materi,quiz dari topik-topik yang diajarkan guru.
Classwork dapat digunakan guru untuk membuat soal tes, pretes, quiz,menggunggah materi dan mengadakan refleksi. Pada menu people guru dapat mengundang siswa dengan menggunakan kode akses yang telah tersedia pada bilah people, sedangkan untuk mengundang guru lain sebagai kolaborator cukup dengan mengundang guru melalui email masing-masing.
Materi yang diunggah pada bilah classwork dapat berupa file word, excel, powerpoint, pdf maupun video. Hal ini dilakukan guru untuk mengakomodasi adalanya berbedaan terhadap kecepakan berpikir, latar belakang pengetahuan awal , dan perbedaan pada learning style peserta didik.
sebagai media pembelajaran google classroom telah terbukti dapat menunjang keberhasilan belajar mengajar karena dapat dipadukan dengan model atau metode apapun.
Cara mengakses google classroom yang paling mudah adalah lewat playstore kita ketikkan google classroom , download aplikasinya , buka dan instal di handphone masing-masing.
bentuk tampilan yang muncul di HP adalah persegi warna hijau dengan tulisan google class room. Setelah berhasil didownload, dibuka dan diinstal google class room dapat dimulai dengan mengklik tanda “+” yang ada pada toolbar bagian atas. Ada dua opsi yang akan muncul yaitu membuat kelas dan gabung kelas. Guru dapat membuat kelas dengan mengetik nama kelas , mata pelajaran dan subyek belajar yang dihadapai.
Ada beberapa keuntungan yang kita dapatkan dari Cara Kerja Google Classroomdalam pemanfaatannya sebagai Learning Management System (LMS), yakni :
- Proses setting yang cepat dan nyaman
Proses set up pada Google Classroom sangat cepat dan nyaman jika dibandingkan harus menginstall LMS lokal atau mendaftarkan ke provider LMS. Guru tinggal mengakses aplikasi Google Classroom serta bisa memulai membagikan tugas-tugas dan bahan ajar. Guru dapat melakukan ini dengan menambahkan daftar siswa atau berbagi kode unik yang memungkinkan akses ke kelas pada Google Classroom. Google Classroom lebih sederhana dan mudah untuk digunakan, sehingga ideal bagi guru meskipun dengan tingkat pengalaman eLearning yang beragam.
- Hemat waktu
Peserta didik tidak lagi harus men-download tugas yang diberikan guru. Guru pun tinggal membuat dan mendistribusikan dokumen untuk peserta didik mereka secara online. Guru juga dapat menentukan peringkat, memberikan umpan balik untuk semua tugas dan melakukan penilaian menggunakan aplikasi Google Classroom. Dengan demikian, ada potensi untuk menghemat sebagian besar waktu bagi keduanya, baik peserta didik maupun gurunya. Semuanya dilakkan secara paperless, sehingga tidak ada waktu yang terbuang untuk mendistribusikan dokumen fisik dan peserta didik dapat menyelesaikan tugas mereka dengan tepat secara online, sehingga lebih mudah bagi mereka untuk memenuhi deadline waktu yang diberikan dan belajar secara online dapat disesuaikan dengan jadwal sehari-hari mereka.
- Meningkatkan kerjasama dan komunikasi
Salah satu manfaat paling penting dari menggunakan Google Classroom adalah sangat dimungkinkan untuk melakukan kolaborasi online yang efisien. Guru dapat mengirimkan pemberitahuan ke peserta didik mereka untuk memulai diskusi online atau memberitahu mereka tentang kegiatan pembelajaran online tertentu. Di sisi lain, peserta didik memiliki kesempatan untuk memberikan umpan balik kepada rekan-rekan mereka dengan posting langsung ke aliran diskusi di Google Classroom. Dengan demikian, jika mereka membutuhkan bantuan karena kesulitas memahami suatu tugas atau ingin mempelajari lebih lanjut tentang topik tertentu, mereka bisa mendapatkan masukan langsung dari teman sekelas virtual mereka. Pada dasarnya, Google Classroom meningkatkan aspek pembelajaran sosial pendidikan online, yang memungkinkan peserta didik untuk mendapatkan keuntungan dari pengalaman dan keterampilan rekan-rekan mereka.
- Penyimpanan data terpusat
Dengan Google Classroom, semuanya berada dalam satu lokasi terpusat. Peserta didik dapat melihat semua tugas-tugas mereka dalam folder tertentu, guru dapat menyimpan bahan eLearning dan kegiatan untuk tahun ajaran secara cloud dan semua peringkat / nilai dapat dilihat dalam aplikasi. Tidak perlu khawatir tentang dokumen hilang atau penilaian hilang, karena itu semua tersimpan dalam LMS yang gratis ini.
- Berbagi sumber daya yang cepat
Fasilitator online/guru dan pelatih memiliki kekuatan untuk berbagi informasi dan sumber daya online dengan peserta didik mereka langsung. Daripada harus memperbarui kursus eLearning atau mengirim email individu untuk setiap siswa, mereka tinggal mengakses aplikasi Google Classroom dan mendistribusikan link ke sumber daya online dan materi eLearning tambahan yang dapat menguntungkan peserta didik mereka. Ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperoleh update tepat waktu yang berhubungan dengan pelajaran saat ini, sehingga mereka dapat lebih memahami materi dan akses peralatan multimedia yang dapat meningkatkan pengalaman eLearning mereka.
Pengabdian Kepada Masyarakat di SMK N 1 Indralaya Sumatra Selatan
Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Dosen Prodi Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang yang berjudul “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Penerimaan Siswa Baru” di SMk N 1 Indralaya Selatan dengan Narasumber Karnadi, M. Kom.
\
Seminar Internet of Things untuk Kebutuhan Entrepreneurship dalam Industri 4.0
Palembang, klikampera.com – Mahasiswa diingatkan untuk tidak hanya belajar mengejar nilai, tetapi perlu membekali diri dengan skill yang bermanfaat untuk orang lain, dan sesuai dengan kebutuhan di era revolusi industri 4.0, salah satunya dengan menguasai Internet of Things (IoT).

Hal tersebut mengemuka dalam Seminar Internet of Things untuk Kebutuhan Entrepreneurship dalam Industri 4.0 dengan tema “Membangun Peran Generasi Muda untuk Tanggap Berencana di Era Modernisasi” yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang, Rabu (18/12/2019).
Seminar tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. Ir. Mukhtarudin Muchsiri, M.P., dan menurut beliau menilai seminar ini sangat penting karena Internet of Things merupakan unsur utama dalam revolusi industry 4.0 , Internet of Things pun berpengaruh terhadap beberapa industry seperti manufaktur, logistic, kesehatan , dan masih banyak industry lainnya.
“Internet of Things berfungsi untuk mencari dan mengumpulkan berbagai data dari beberapa sumber yang pada akhirnya data tersebut akan diolah menjadi data yang dapat digunakan oleh pengguna” ungkapnya.

Kegiatan yang menghadirkan narasumber Arman Wijaya selaku Network Performance Manager Tree South Sumatera, dan Tagrim Ibadi, M.Kom., selaku Founder INET KOMPUTER, yang turut dihadiri Wakil Dekan I, III, dan Kaprodi Teknologi Infromasi.
Dr. Ir. Mukhtarudin Muchsiri, M.P., juga menambahkan bahwa forum seminar dan diskusi oleh bidang kemahasiswaan bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan yang baru dan juga dalam bagian penguatan borang akreditasi program studi Teknologi Informasi.
Kuliah Umum “Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 Saatnya Menjadi Milenial Kreatif Berjiwa Entrepreneurship Dibidang Teknologi”
Palembang, klikampera.com – Program Studi (Prodi) Teknologi Informasi FakultasTeknik (FT) Universitas Muhammadiyah Palembang menggelar kuliah umum yang menghadirkan Satria Abadi, S.Kom., M.Ti., P.hD., pemateri dari University Selangor, Malaysia., Jumat (6/12/2019).
Kuliah umum yang bertemakan “Revolusi Industri 4.0 dan Society Saatnya Menjadi Milenial Kreatif Berjiwa Entrepreneurship di Bidang Teknologi” dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan I FT Ir. Zulkifli, M.Eng., dan Kaprodi Teknologi Informasi Karnadi, S.Kom., M.Kom., serta dihadiri oleh ratusan mahasiswa dan dosen.
Dalam paparannya, Satria Abadi, S.Kom., M.Ti., P.hD., menyampaikan bahwa Industri 4.0 adalah nama tren otomasi dalam pertukaran data terkini menggunakan Teknologi Informasi. Memanfaatkan Internet of Things (IoT), Cyber Physical System berkomunikasi dan bekerja sama dengan satu sama lain dan manusia secara bersamaan. Dengan Cloud Computing, layanan internal dan lintas organisasi disediakan dan dimanfaatkan oleh berbagai pihak di dalam rantai nilai.
Ia melanjutkan, sedangkan society 5.0 adalah suatu konsep masyarakat yang berpusat pada manusia (Human-centered) dan berbasis teknologi (Technology-based) AI dan IoT yang dikembangkan oleh Jepang. Konsep ini lahir sebagai pengembangan dari Revolusi Industri 4.0 yang dinilai berpotensi mendegradasi peran manusia.
“Melalui Society 5.0, kecerdasan buatan (Artificial Intelligence ) akan mentransformasi Big Data yang dikumpulkan melalui internet pada segala bidang kehidupan (The Internet of Things) menjadi suatu kearifan baru, dan akan didedikasikan untuk meningkatkan kemampuan manusia membuka peluang-peluang bagi kemanusiaan. Transformasi ini akan membantu manusia untuk menjalani kehidupan yang lebih bermakna” jelasnya.
Satria Abadi, S.Kom., M.Ti., P.hD., menuturkan, jika Revolusi industry 4.0 menggunakan AI, dan kecerdasan buatan yang merupakan komponen utama dalam membuat perubahan di masa yang akan datang. Sedangkan Society 5.0 menggunakan teknologi modern hanya saja mengandalkan manusia sebagai komponen utamanya.
“Sebagian orang berpendapat bahwa Society 5.0 lebih baik karena dianggap lebih humanis dibanding Revolusi 4.0. Namun bukan berarti Revolusi 4.0 tidak bisa bersaing karena pada dasarnya konteks dari kedua konsep tersebut hampir sama yaitu berusaha untuk mengembangkan teknologi ke arah yang lebih baik, Meski saat ini banyak orang yang memperdebatkan mengenai konsep Revolusi Industri 4.0 juga Society 5.0 bukan berarti kedua konsep tersebut merugikan, hanya saja bagaimana kita menyikapi hal tersebut” ungkapnya.