26Jun/19

Penyerahan SK Ketua & Sekretaris Program Studi Teknologi Informasi UM Palembang

 

Penyerahan SK Ketua & Sekretaris Program Studi Teknologi Informasi UM Palembang

Selamat untuk bapak Karnadi, S. Kom,., M. Kom (ketua Prodi) beserta ibu Meilyana Winda Perdana, S, Kom,. M. Kom. (Sekretaris Prodi) telah terpilih nya sebagai pemimpin baru di Program Studi Teknologi di Periode 2019/2023 . 

 

http://ft.um-palembang.ac.id/blog/2019/06/25/penyerahan-sk-ka-prodi-dan-sek-prodi-di-lingkungan-ft-um-palembang/

02Apr/19

Teknologi Informasi Tingkatkan Efisien Suatu Perusahan

Peran Teknologi Informasi Bagi Mahasiswa di ESQ Business School | EBS

Perkembangan teknologi yang hingga saat ini terus berkembang hampir bisa dikatakan karena kebutuhan manusia akan teknologi terus meningkat. Hal ini penyebab utama tingginya produktivitas pihak industri akan teknologi-teknologi yang baru. Berkat kemajuan teknologi khususnya pada bidang elektronika, komputer sudah berkembang pesat dan semakin dapat dirasakan manfaatnya. Saat ini komputer bukan menjadi suatu hal yang istimewa, maksudnya adalah komputer tidak hanya dimiliki suatu perusahaan atau organisasi, namun sudah menjadi barang pribadi.

Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Peran teknologi informasi dan komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitas. Alasan lainnya adalah adanya suatu tuntutan dari pihak industri yang berbasis teknologi untuk bisa mendapatkan sumber daya manusia yang kompetible.  Dengan begitu keefesienan suatu perusahaan dapat tercapai dengan memanfaatkan teknologi dan informasi.

29Mar/19

Bupati Musi Rawas Berikan Kuliah Umum dan Tandatangani MoU dengan UMPalembang

umpalembang.ac.id

Palembang, umpalembang.ac.id – Universitas Muhammadiyah Palembang (UMPalembang) melaksanakan kuliah umum dan sekaligus penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara UMPalembang dengan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas, yang di lakukan bersama Bupati Musi Rawas H. Hendra Gunawan, S.H., M.M, di Aula Kantor Pusat Administrasi UMPalembang, Kamis, (28/3/2018).

Kuliah Umum yang disampaikan oleh Bupati Musi Rawas H. Hendra Gunawan, S.H., M.M., tentang Kebijakan Strategi Bupati Musi Rawas dalam Rangka Mewujudkan Visi MURA SEMPURNA 2021, ini juga di hadiri oleh Rektor UMPalembang Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., Wakil Rektor, Dekan, dan mahasiswa UMPalembang, serta Kepala OPD di lingkungan Pemkab Musi Rawas.

umpalembang.ac.id

Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., dalam Sambutannya mengatakan, UMPalembang genap berusia 40 tahun pada Juni 2019, dan saat ini memiliki 7 Fakultas, dengan 10622 mahasiswa aktif dan 606 dosen yang 10% sudah bergelar doktor.

“Kami sangat berterima kasih kepada Bupati Musi Rawas H. Hendra Gunawan atas kehadiranya, dan harapanya MoU yang ditandatangani akan bermanfaat bagi Universitas Muhammadiyah Palembang, dan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas” ungkapnya.

Sementara itu H. Hendra Gunawan mengatakan bahwa, diperlukan banyak kerjasama dengan berbagai pihak dan dukungan dari lembaga lain untuk menunjang kinerja Pemerintah Kabupaten Musi Rawas salah satunya dengan Universitas Muhammadiyah Palembang.

“Kerjasama disepakati diantaranya adalah, Bidang Pendidikan, Bidang Penelitian dan Pengembangan, Bidang Pengabdian kepada masyarakat, dalam mendukung kesejahteraan masyarakat dalam perencanaan dan pembangunan Kabupaten Musi Rawas,” tuturnya.

Lebih lanjut H. Hendra Gunawan menambahkan, Kabupaten Musi Rawas mempunyai visi MURA SEMPURNA 2021 yakni Sejahtera, Mandiri, Produktif, Unggul, Religius, Nyaman, Aman. Yang memiliki ukuran dalam menilai keberhasilanya. Disusun dengan kerja keras agar mensejahterakan masyarakat.

Editor: Rianza Putra

Posted in Berita.
17Nov/18

Pengurus HMTI Fakultas Teknik UMPalembang Periode 2018-2019 Resmi Dikukuhkan

Pengukuhan pengurusan HMTI (Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi) dilangsungkan di Aula FT UMPalembang oleh Wakil Dekan III FT Junaidi, S.T., M.T., Jumat (16/11/2018).

HMTI Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang periode 2018-2019 diketuai oleh Nabila Nurhaliza.

Dalam sambutanya, Kaprodi Teknik Informasi FT UMPalembang Bayu Wijaya, S.Kom., M.Kom., mengungkapkan bahwa, program kerja kepengurusan HMTI merupakan kepengurusan baru. Kami berharap pengurus baru ini dapat membuat program baru yang inovatif, kreatif dan dapat memajukan Prodi Teknologi Informasi UMPalembang.

“Kami juga berharap HMTI ini bisa menjadi wadah aspirasi mahasiswa, khususnya mahasiswa Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Teknik UMPalembang” ujar Bayu Wijaya, S.Kom., M.Kom.

Sementara itu, Wakil Dekan III FT UMPalembang Junaidi, S.T., M.T., mengucapkan selamat atas pengukuhan HMTI periode 2018-2019, dan HMTI menjadi modal awal yang luar bisa untuk memajukan Prodi Teknik Informasi FT UMPalembang kedepan.

“Ini merupakan awal baru, semangat baru untuk HMTI yang baru dikukuhkan, walaupun baru terbentuk diharapkan dapat bekerja sama dan sama-sama bekerja demi kemajuan Fakultas Teknik UMPalembang”, tambah Junaidi, S.T., M.T.

 

03Nov/18

SENAM JANTUNG SEHAT

TamiAdm– Tahukah kalian jika di Fakultas Teknik UMP diadakan Senam Jantung Sehat di setiap hari Jum’at? Yap! Di Fakultas Teknik UMP setiap Minggu nya tepatnya setiap hari Jum’at akan melaksanakan Senam Jantung sehat dan diikuti oleh seluruh Karyawa, serta Dosen Teknik. Kegiatan senam ini di lakukan untuk kesehatan para karyawan dan juga Dosen agar setiap bekerja dan mengajar disetiap harinya tubuh merasa segar dan fit, banyaknya kerja di depan layar komputer atau laptop tentu membuat kita harus duduk selama beberapa jam demi menyelesaikan pekerjaan, tentu saja tubuh jadi jarang bergerak dan otot tubuh menjadi kejang karena jarang digerakan, dengan melakukan kegiatan Senam Jantung Sehat maka tubuh akan merasa segar lantaran seluruh otot yang tadinya kejang menjadi lentur karena selama satu jam telah di ajak bergerak dan berakhir dengan pendinginan yang membuat tubuh menjadi rileks setelah lamanya bergerak mengikuti alur senam yang semangat. Selain itu, para Karyawan dan Dosen pun bisa saling membangun silahturahmi karena setelah bersenam mereka akan bertemu satu sama lain dan saling bertegur sapa karena jika di hari-hari lain akan jarang bertemu dikarenakan sibuk oleh pekerjaan masing-masing.

Ini adalah potret kegiatan Senam Jantung Sehat di lapangan Fakultas Teknik UMP

01Nov/18

Rapat Panitia Pendukung Visitasi Prodi Teknik Industri

  TamiAdm — 01 November 2018 Rapat Panitia Pendukung VIsitasi Prodi Teknik Industri dilaksanakan, bertujuan untuk mendiskusikan dan menunjukan tugas setiap panitia. Baik itu, dari Pihak Koordinasi dan juga Anggotanya. Rapat diadakan di ruang Aula FT-UMP.

Rapat dibuka oleh Dr. Ir. Kgs. Ahmad Roni, M.T selaku Dekan dari Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah, beliau begitu antusias untuk kegiatan Visitasi ini, dan juga beliau menginginkan yang terbaik untuk Fakultas Teknik.

Dalam rapat tersebut diwajibkan setiap Koordinator dan juga Anggotanya dapat melaksanakan tugas dengan baik dan juga mengawasi setiap dokumen, ruangan dan lain-lain sampai saat Visitasi dilaksanakan.

27Okt/18

Workshop Peningkatan Pemahaman Lingkup Borang Akreditasi FT UMP

Palembang, umpalembang.ac.id – Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Palembang (UMPalembang) menyelenggarakan Workshop Peningkatan Pemahaman Lingkup Borang Akreditasi untuk pengelola di FT UMPalembang, Kamis (18/10/2018).

Acara yang diselenggarakan di Aula FT UMPalembang tersebut dibuka secara resmi oleh Dekan FT Dr. Ir. Kgs. Ahmad Roni, M.T., dengan menghadirkan Utik Bidayati, S.E., M.M., dan Dr. Zahrul Mufrodi, S.T., M.T., dari Universitas Ahmad Dahan Yogyakarta.

Dalam sambutanya, Dr. Ir. Kgs. Ahmad Roni, M.T., menuturkan bahwa workshop ini digelar karena tahun 2019 mendatang sebagian prodi di FT UMPalembang akan melakukan reakreditasi, khusunya program studi Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Industri, dan Teknik Kimia.

“Tahun 2019 juga aturan baru akan diterapkan bahwa akan ada 9 kriteria di BAN PT, dan workshop ini menjadi inisiatif FT dalam menyeragamkan menghadapi aturan baru tersebut” ungkap Dr. Ir. Kgs. Ahmad Roni, M.T.

Lulusan Doktor (S3) Teknik Kimia University of Bordeaux, Prancis ini juga menambahkan, workshop tersebut bagian upaya mensuport akreditasi institusi APT UMPalembang awal tahun 2019, karena 12 prodi di UMPalembang yang diproyeksikan Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah untuk meraih akreditasi predikat A diantaranya prodi Teknik Sipil dan Teknik Kimia.

27Okt/18

Musyawarah Nasional (MUNAS) APTIKOM

TamiADM – Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) yang bekerja sama dengan Universitas Bina Darma menyelenggarakan Musyawarah Nasional (MUNAS) ke – V tahun 2018 dengan tema “Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Revolusi 4.0 dan Teknologi Disruptif Melalui Inovasi Industri Kreatif berbasis TIK” bertempat di Hotel Arya Duta pada tanggal 17 – 20 Oktober yang dihadiri oleh Dosen Fakultas Teknik, Program Studi Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Palembang.  Acara ini di selenggarakan dalam rangka pemilihan Ketua Umum APTIKOM.

Secara keseluruhan kegiatan munas sangat membantu program studi dalam menyusun kurikulum KKNI, persiapan menuju akreditasi program studi, tata cara penelitian, penyusunan buku ajar dan pengabdian yang baik, dan sistem penjaminan mutu internal. Banyak sekali sharing keilmuan yang didapatkan dalam kegiatan munas ini, TELKOM, BINUS, UDINUS, REDHAT LINUX, dll.

26Jul/18

Call For Papers Jurnal Digital 2018

Jurnal Teknologi Informasi (Jurnal Digital, http://jurnal.um-palembang.ac.id/digital) adalah terbitan online berkala nasional sebagai media untuk mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian, pengembangan dan penerapannya di bidang Teknologi Informasi yang meliputi:

  • Software Engineering
  • Computational Science
  • Information And Data Security
  • Data Mining
  • Network And Distributed System
  • Software And Architecture Engineering

Jurnal Digital adalah jurnal open access yang diterbitkan oleh Program Studi Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Palembang. Setiap artikel yang dikirimkan ke editorial Jurnal Digital tidak dipungut biaya apapun (gratis – no page charge) termasuk gratis biaya pemrosesan artikel. Biaya publikasi seluruhnya ditanggung penerbit jurnal Jurnal Digital. Untuk informasi lebih detail, silahkan Lihat disini

Jurnal Digital terbit secara berkala dua kali dalam satu tahun (April dan Oktober).
Kami mengundang Anda untuk mengirimkan artikel ilmiah ke Jurnal Digital dengan batas pengiriman sebagai berikut:
* Terbit April, Batas pengiriman: 20 Maret
* Terbit Oktober, Batas pengiriman: 20 September

Artikel harus dikirimkan ke Editor Jurnal Digital secara online lewat portal Jurnal Digital disini. Artikel-artikel yang dimuat di jurnal ini, sudah melalui proses review setidaknya oleh 2 orang reviewer secara single-blind. Review dilakukan selama 2-4 minggu sejak artikel diterima. Keputusan diterima tidaknya artikel menjadi kewenangan ketua editor berdasarkan rekomendasi dari para reviewer. Artikel yang dikirimkan harus sesuai dengan Petunjuk Penulisan Jurnal Digital. Anda diharapkan menggunakan template Jurnal Digital yang tersedia di Jurnal Digital.