27Okt/18

Musyawarah Nasional (MUNAS) APTIKOM

TamiADM – Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) yang bekerja sama dengan Universitas Bina Darma menyelenggarakan Musyawarah Nasional (MUNAS) ke – V tahun 2018 dengan tema “Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Revolusi 4.0 dan Teknologi Disruptif Melalui Inovasi Industri Kreatif berbasis TIK” bertempat di Hotel Arya Duta pada tanggal 17 – 20 Oktober yang dihadiri oleh Dosen Fakultas Teknik, Program Studi Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Palembang.  Acara ini di selenggarakan dalam rangka pemilihan Ketua Umum APTIKOM.

Secara keseluruhan kegiatan munas sangat membantu program studi dalam menyusun kurikulum KKNI, persiapan menuju akreditasi program studi, tata cara penelitian, penyusunan buku ajar dan pengabdian yang baik, dan sistem penjaminan mutu internal. Banyak sekali sharing keilmuan yang didapatkan dalam kegiatan munas ini, TELKOM, BINUS, UDINUS, REDHAT LINUX, dll.

26Jul/18

Call For Papers Jurnal Digital 2018

Jurnal Teknologi Informasi (Jurnal Digital, http://jurnal.um-palembang.ac.id/digital) adalah terbitan online berkala nasional sebagai media untuk mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian, pengembangan dan penerapannya di bidang Teknologi Informasi yang meliputi:

  • Software Engineering
  • Computational Science
  • Information And Data Security
  • Data Mining
  • Network And Distributed System
  • Software And Architecture Engineering

Jurnal Digital adalah jurnal open access yang diterbitkan oleh Program Studi Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Palembang. Setiap artikel yang dikirimkan ke editorial Jurnal Digital tidak dipungut biaya apapun (gratis – no page charge) termasuk gratis biaya pemrosesan artikel. Biaya publikasi seluruhnya ditanggung penerbit jurnal Jurnal Digital. Untuk informasi lebih detail, silahkan Lihat disini

Jurnal Digital terbit secara berkala dua kali dalam satu tahun (April dan Oktober).
Kami mengundang Anda untuk mengirimkan artikel ilmiah ke Jurnal Digital dengan batas pengiriman sebagai berikut:
* Terbit April, Batas pengiriman: 20 Maret
* Terbit Oktober, Batas pengiriman: 20 September

Artikel harus dikirimkan ke Editor Jurnal Digital secara online lewat portal Jurnal Digital disini. Artikel-artikel yang dimuat di jurnal ini, sudah melalui proses review setidaknya oleh 2 orang reviewer secara single-blind. Review dilakukan selama 2-4 minggu sejak artikel diterima. Keputusan diterima tidaknya artikel menjadi kewenangan ketua editor berdasarkan rekomendasi dari para reviewer. Artikel yang dikirimkan harus sesuai dengan Petunjuk Penulisan Jurnal Digital. Anda diharapkan menggunakan template Jurnal Digital yang tersedia di Jurnal Digital.

24Mei/18

UMPALEMBANG SOSIALISASI DAN SIMULASIKAN APLIKASI SISTER

Winda – 24 Mei 2018, Universitas Muhammadiyah Palembang (UMPalembang) telah melakukan sosialisasi dan melakukan simulasi pelatihan terkait aplikasi Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER) bagi dosen dan karyawan di lingkungan UMPalembang. Hal ini dilakukan dalam rangka memudahkan perguruan tinggi, dosen, dan tenaga pendidikan untuk berbagai proses pengembangan karir dosen dan Tenaga Pendidik. Aplikasi SISTER ini dibentuk dan disusun oleh Direktorat Jenderal Sumberdaya Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (DITJEN SDID) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

 

Joko Purnomo, dan Agnes Fibriana, dari Kopertis Wilayah II merupakan narasumber dari  pelaksanaan kegiatan Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER) yang bekerjasama dengan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah II. Kegiatan simulasi pelatihan terkait aplikasi SISTER ini, dilaksanakan di Aula Kantor Pusat Administrasi UMPalembang, Selasa (22/5/2018), dan dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M. Dalam sambutannya, Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., mengatakan bahwa hampir semua dosen di UMPalembang sudah tersertivikasi, oleh karena itu, dengan adanya aplikasi SISTER ini, akan lebih membantu dosen dalam laporan portofolio beban kerja dosen (BKD), walaupun sistem yang ada saat ini cakupannya sudah cukup luas.

 

Kegiatan pelatihan ini merupakan tuntutan dan harus segera dilaksanakan, dengan harapan setiap dosen dapat membangun portofolio yang mengkompilasikan seluruh aktivitas tridarma yang pernah dilakukannya,” ungkap Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M.

 

Sementara itu, Joko Purnomo dari Kopertis Wilayah II memaparkan, Integrasi antara SISTER dengan Pangkalan Data Dikti diharapkan dapat mengurangi beban dosen dalam pengisian portofolio. Pada akhirnya diharapkan pendokumentasian aktivitas tridarma dan peningkatan karir dosen dapat berjalan lebih mudah, lebih efisien dan lebih memberikan kepastian informasi dengan menggunakan SISTER,” ujar Joko Purnomo.

 

 

 

 

14Mei/18

Pelatihan Penulisan Proposal PKPT

Pelatihan Penulisan Proposal PKPT dan Pelaksanaan Pedoman Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Edisi XII

Bayuwputra – 14-05-2018, Dalam Rangka peningkatan penelitian dosen, Lembaga Penelitan dan Pengabdian Masyarakat Universitas Palembang mengadakan pelatihan yang ditujukan kepada setiap dosen. Pelatihan ini bertujuan selain untuk pelatihan proposal PEKERTI, juga sebagai pengetahuan dalam pengajuan peningkatan jenjang jabatan akademik dosen yang bersangkutan.

Berikut merupakan kategori penelitian yang dapat diajukan:

A. Kategori Penelitian Kompetitif Nasional:

  1. Skema Penelitian Dasar (PD)
  2. Skema Penetlian Terapan (PT)
  3. Skema Penelitian Pengembangan (PP)
  4. Skema Penelitian Dosen Pemula (PDP)
  5. Skema Penelitian Kerjasama Antar Perguruan Tinggi (PKPT)
  6. Skema Penelitian Pascasarjana (PPS)

B. Kategori Penelitian Desentralisasi

  1. Skema Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi (PDUPT)
  2. Skema Penelitian Terapan Unggulan Perguruan TInggi (PTUPT)
  3. Skema Penelitian Pengembangan Unggulan Perguruan Tinggi (PPUPT)

C. Kategori Penelitian Penugasan (merupakan penugasan langsung dari kementrian)

  1. Skema Konsorsium Riset unggulan Perguruan Tinggi (KRU-PT)
  2. Skema Kajian Kebijakan Strategis (KKS)
Peserta Pelatihan

Peserta Pelatihan

Berikut Panduan Edisi XII dari Ristekdikti tahun 2018

Sumber : Ristekdikti

05Mei/18

Workshop Pengelolaan Sinta Bagi Dosen Fakultas Teknik

Winda – 5 mei 2018, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang menggelar acara Workshop pengelolaan Sinta bagi dosen fakultas Teknik yang menghadiri  pemateri dari pengembang SINTA RISTEKDIKTI, Deris Setiawan, MT.,Phd. Sabtu (5 Mei 2018). SINTA merupakan sebuah sistem informasi yang mendata hasil penelitian khususnya dosen dalam bentuk jurnal penelitian.

Langsung saja menuju link website resmi SINTA RISTEKDIKTI,

Universitas Muhammadiyah memiliki dosen yang telah melakukan penelitian yang baik, terbukti dari data SINTA berikut

Author Universitas Muhammadiyah Palembang

Author Universitas Muhammadiyah Palembang

SINTA memiliki penilaian dengan melihat jumlah citasi baik itu Google Scholar dan Scopus, sehingga menghasilkan nilai akhir dengan sebutan SINTA Score. SINTA juga mempublish setiap author (penulis), kemudian memberikan peringkat sesuai dengan SINTA Score yang tertinggi. Jadi bukan hanya dosen yang memiliki jabatan struktural saja yang dikenal khalayak umum, tetapi juga dosen yang aktif menulis dapat dikenal melalui SINTA ini.

Banyak sekali kelebihan SINTA, salah satu pengembang nya adalah Bapak Deris Stiawan, Ph.D. Terima kasih Kehadiran nya ke Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Palembang, atas pencerahannya dalam mengoptimalisasi penggunaan SINTA. Beliau juga menggarisbawahi bahwa, SINTA digunakan sebagai acuan ketika asesor melakukan visitasi akreditasi, dan ketika pengajuan jenjang jabatan akademik (JJA) dosen.

Dalam proses pendaftaran SINTA, setiap peserta wajib memiliki akun email Gmail dan email institusi (ac.id).

        

   

Syarat dan Tata Cara Pendaftaran SINTA:

1) Memiliki Akun Email Gmail

2) Memiliki Akun Email Intstitusi (dalam subdomain ac.id)

3) Membuat Akun Google Scholar

4) Mendaftar Akun SINTA

5) Menunggu Verifikasi dari verifikator SINTA

 

Cara Pendaftaran Email Institusi Universitas Muhammadiyah Palembang

Silakan menghubungi langsung ke Tim IT Universitas Muhammadiyah Palembang, Gedung Kantor Pusat Administrasi

 

Cara Pendaftaran Google Scholar

1. Anda hanya hanya perlu login dengan akun gmail (jika belum ada bisa create akun gmail)

Buka alamat http://scholar.google.com atau http://scholar.google.co.id/

2. Klik My Profile atau Profil Saya

3. Masukkan Profil Lengkap Anda

4. Aktivasi Akun Google Scholar dengan masuk ke webmail.um-palembang.ac.id 

5. Masukkan Foto Profil

6. Klik “Make Public” agar bisa dilihat oleh orang lain.

 

Cara Pendaftaran SINTA

1. Masukkan alamat url http://sinta2.ristekdikti.go.id/ dan akan tampil gambar sebagai berikut :

2. Kemudian langkah selanjutnya adalah klik menu registration di menu atas, dan akan tampil seperti gambar di bawah ini :

3. Kemudian langkah selanjutnya anda isi biodata :

Pilih Status :

a. Lecturer = Untuk dosen

Jika anda dosen : data anda akan di sinkronkan dengan website pangkalan data forlap.dikti.go.id yang dimiliki oleh kementrian ristek dan pendidikan tinggi. dan data nama otomatis akan keluar jika, nidn sudah terhubung.

b. dan researcher = untuk peneliti

c. kemudian jangan lupa anda mengisikan nomor induk kependudukan (NIK) pada KTP anda

d. Serta alamat email yang belum pernah terdaftar di SINTA

e. Kemudian langkah selanjutnya anda dapat mengisi password serta mengkonfirmasi passwordnya

 

f. langkah terakhir anda masukan :

Google Scholar URL dan Scopus Author ID (jika ada)

4. langkah Selanjutnya anda klik tombol register

5. Selannjutnya sistem akan mengirimkan email verifikasi ke email yang anda isi pada tahap mendaftar.

6. Buka email tersebut, klik link email activation / email verifikasi

7. Jika berhasil, anda dapat login sesuai dengan email dan password anda. dan activation tersebut akan di verifikasi oleh pihak dikti secara manual

8. Sekarang anda dapat melihat statistik anda baik publikasi baik ter index scopus maupun google scholar.

 

04Mei/18

Pelatihan Website Prodi Fakultas Teknik

Bayuwputra – 4 Mei 2018, Pelatihan website program studi yang diadakan di Aula Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang. Pelatihan ini bertujuan untuk mengisi website program  studi yang dapat berisi kegiatan sehingga dapat di akses secara online.

Pelatihan dibuka oleh bapak Zulfikri, M.T. selaku Wakil Dekan II yang membawahi bidang IT. Beliau sangat konsen sekali terkait dengan penggunaan website prodi ini. Website Prodi berguna dalam promosi program studi, kenapa begitu? Penggunaan Android semakin banyak, bisa saja hampir setiap orang memiliki android maupun Iphone sejenis Smartphone. Satu kali share ke media sosial, informasi tentang prodi dalam website prodi tersebut langsung bisa diakses oleh siapapun yang akan mengakses.

Pembicara oleh Bayu Wijaya Putra, M.Kom. selaku Ka.Prodi Teknologi Informasi. Beliau telah selesai membuat website prodi teknologi informasi yang berbasis One Page yang digabung dengan berita dengan metode blogging pada latest news. Banyak sekali komponen page yang harus di tampilkan pada website prodi, yaitu visi misi, dosen, matakuliah, berita, slider dan kontak kami.

Materi yang wajib di pahami oleh setiap peserta tiap prodi yaitu, HARUS AKTIF dalam upload POSTING, update berita terbaru.. tatacara penulisan yang baik, cara mengambil poto, tulisan posting dan set gambar utama posting.

Peserta Pelatihan website prodi

Peserta Pelatihan website prodi

   

                

 

28Apr/18

Sosialisasi Kekayaan Intelektual Bagi Dosen

Sosialisasi Kekayaan Intelektual

oleh DIRJEN Kekayaan Intelektual Hukum dan HAM RI

Bayuwputra – 26 April 2018, Puluhan dosen Universitas Muhammadiyah Palembang (UMPalembang) mengikuti Sosialisasi Kekayaan Intelektual (KI) oleh Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Republik Indonesia, Kamis (26/4/2018).

Pembukaan oleh Wakiil Rektor 1

Pembukaan oleh Wakiil Rektor 1

Kegiatan yang dihelat di Fakultas Hukum UMPalembang ini, dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I UMPalembang Prof. Indawan Syahri, M.Pd., dan Drs. Sri Lastami, S.T., M.IP., selaku Kepala Bagian TU dan Humas Dirjen KI Kemenkumham menjadi narasumber dalam sosialisasi tersebut.

Drs. Sri Lastami, S.T., M.IP.

Drs. Sri Lastami, S.T., M.IP.

Dalam sambutanya Prof. Indawan Syahri, M.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi menjelaskan tentag prosedur dan registrasi tentang KI, dan kedepan dengan adanya sosialisasi ini juga akan tercipta pemahaman yang komprehensif tentang hak cipta hingga ke paten.

“Harapan kita bersama kita nantinya kinerja dibidang penelitian dosen UMPalembang dapat diketahui rekam jejaknya” ungkap Prof. Indawan Syahri, M.Pd.

Peserta Sosialisasi

Peserta Sosialisasi

Sementara itu, Drs. Sri Lastami, S.T., M.IP., memaparkan bahwa tujuan pelindungan KI yakni dengan medorong penghasil KI untuk terus berkarya, menciptakan lingkungan yang kondusif untuk berkarya dan berbisnis dengan persaingan yang sehat, mengembangkan lisensi, dan franchise sebagai aset usaha yang dapat dialihkan haknya serta melindungi usaha.

Peserta Sosialisasi

Peserta Sosialisasi

Peserta Sosialisasi

Peserta Sosialisasi

Sumber: Facebook UMPalembang

28Apr/18

UMPalembang Siap Menuju World Class University

Universitas Muhammadiyah Palembang

Siap Menuju World Class University

Bayuwputra – 21 April 2018, Universitas Muhammadiyah Palembang (UMPalembang) terus konsen melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi dan lembaga pendidikan di luar negeri diantaranya penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Coventry University Inggris, Chikyujin Foundation Jepang, dan Monash University Australia.

Rektor Membuka Acara

Rektor Membuka Acara

Hal ini dilakukan dalam rangka kesiapan visi UMPalembang menuju World Class University tahun 2020.

Melalui Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah menggelar pendampingan untuk mendukung kesiapan World Class University di UMPalembang, dengan narasumber Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec., dan Ifan Pranasakti, bertempat di Aula Kantor Pusat Administrasi UMPalembang, Sabtu (21/4/2018).

Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec.,

Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec.,

Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., dalam sambutanya mengatakan bahwa membangun dan menguatkan eksistensi UMPalembang harus bekerja dan menjadi mimpi bersama semua stakeholder UMPalembang.

“Harapan kita kedepan dengan kesiapan kita menuju World Class University yang sesuai dengan visi UMPalembang ini, akan semakin memperkokoh internasionalisasi eksistensi UMPalembang di Indonesia” ungkap Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M.

Peserta Seminar Diikuti oleh Segenap Civitas Akademika

Peserta Seminar Diikuti oleh Segenap Civitas Akademika

Dalam paparanya Prof. Edy Suandi Hamid menyampaikan bahwa internasionalisasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) menjadi salah satu konsen tugas pokok Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, hal ini dalam rangka persiapan menuju World Class University, karena kebanyakan perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia belum siap. PTM dan salah satunya UMPalembang sudah mulai menyiapkan hal tersebut.

“Pengembangan, pemanfaatan, dan pemahaman penggunaan E-resources, E-learning, E-Administration, E-library, dan E-Journal harus menjadi konsen bagi dosen dan pimpinan di UMPalembang” tambah Prof. Edy Suandi Hamid.

Lebih lanjut Guru Besar Ilmu Ekonomi Universitas Islam Indonesia ini menjelaskan bahwa pemanfaatan teknologi dan peningkatan kualitas fisik menjadi daya dukung dalam mewujudkan World Class University di UMPalembang. Dengan teknologi, eksistensi dan profil UMPalembang akan semakin maju karena UMPalembang sudah memiliki perangkat pendukung yang sangat memadai. Dan program studi yang terakreditasi internasional bisa lebih cepat mendukung UMPalembang World Class University.

Sumber: Facebook UMPalembang

28Apr/18

Pelatihan E-Learning UMPalembang

Pelatihan E-Learning

Universitas Muhammadiyah Palembang

Bayuwputra – 18 Maret 2018, hari diadakan nya pelatihan E-learning yang akan diterapkan pada Universitas Muhammadiyah Palembang. Diseminasi ini dilakukan pada prodi, dan dosen yang bersangkutan, karena menurut UU Sistem Pendidikan Nasional 20/2003 bahwa pembelajaran jarak jauh sebaiknya 30% dari jumlah tatap muka perkuliahan menerapkan elearning.

E-Learning UMPalembang

E-Learning UMPalembang

Kelebihan E-Learning ini juga memberi dampak positif bagi dosen dalam hal penggunaan teknologi informasi, bagi mahasiswa yaitu dapat mendownload materi perkuliahan dan mengumpulkan tugas via online. Bagi prodi dan universitas sudah tentunya dapat meningkatkan akreditasi.

Poto Bersama Peserta bersama Wakil Rektor 1

Poto Bersama Peserta bersama Wakil Rektor 1

 

Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Palembang Prof. Dr. Indawan Syahri, M.Pd., menyampaikan saat Pelatihan Pengembangan E-Learning bagi Dosen dan Operator IT di lingkungan UMPalembang, Semua dosen di setiap fakultas, pasca, dan prodi UMPalembang harus siap dan segera melaksanakan pembelajaran berbasis e-learning ini, karena sistem E-learning adalah sebagai media manajemen pembelajaran.

Peserta Pelatihan E-Learning

Peserta Pelatihan E-Learning

Peserta Pelatihan E-Learning

Peserta Pelatihan E-Learning

Download: Materi Elearning Dosen

Sumber: Universitas Muhammadiyah Palembang