Pelatihan E-Learning

 
Bayuwputra – 9 April 2018, Tindak Lanjut dari kegiatan pada pelatihan di universitas muhammadiyah palembang tgl 18 maret 2018, Teknik Kimia melakukan pelatihan lebih mendalam kepada setiap Program Studi Teknik Kimia. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan 3, A.Junaidi,M.T. dan pemateri oleh saya (Bayu Wijaya Putra) dan Sekertaris Prodi Kimia (Netty Herawati, S.T.,M.T.).

Pelatihan Elearning Dosen dan Mahasiswa

Pelatihan Elearning Dosen dan Mahasiswa

Alhamdulillah Peltihan yang dimulai pada pukul 09.00 ini berjalan lancar hingga acara selesai. Animo dosen yang awal nya kurang mengerti akan penting elearning menjadi berubah, setelah mengetahui penting nya program ini selain untuk akreditasi pastinya untuk menunjang perkuliahan. Bagi mahasiswa program ini harus digunakan, karena dapat mendownload sendiri materi perkuliahan yang diupload dosen, dapat berkomunikasi (chatting, komentar) dengan dosen dimanapun kapanpun (tentunya harus terkoneksi internet).

Penerapan metode pembelajaran ini mengacu kepada kebijakan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang akan mengembangkan dan memperluas E-Learning di perguruan tinggi guna memudahkan mahasiswa dalam perkuliahan.

Mengingat pentingnya E-Learning bagi kalangan mahasiswa, Persatuan Mahasiswa Teknik Kimia (Permatek) Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang (FT UMPalembang) mengadakan pelatihan E- Learning dengan tema “Teknologi sebagai bukti nyata dalam kemajuan dunia pendidikan”. Bertempat di Aula Fakultas Teknik UMPalembang, Sabtu (7/4/2018).

Seluruh Dosen dan Mahasiswa mengikuti pelatihan elearning di Aula FT-UMP, yang dibuka langsung oleh Bapak A.Junaidi,M.T. selaku wakil dekan III dengan pemateri Ibu Netty Herawati, S.T.,M.T. Pelatihan elearning dilaksanakan bertujuan untuk mengoptimalisasi proses belajar mengajar antara Dosen dan Mahasiswa.

Wakil Dekan III Fakultas Teknik UMPalembang A. Junaidi, S.T., M.T., menyampaikan dalam sambutannya, pimpinan FT UMPalembang sangat mengapresiasi kegiataan ini, karena UMPalembang sudah bertahap menerapkan sistem pembelajaran secara E-Learning dalam proses pembelajaran. Penerapan E-Learning memungkinkan proses belajar mengajar dilakukan dimana saja, sehingga mahasiswa bisa mengikuti perkuliahan dimana saja, asalkan terkoneksi dengan Internet.

“Diharapkan dengan pembelajaran pelatihan E-Learning di Fakultas Teknik UMPalembang ini dapat meningkatkan dan mengoptimalkan softskill dan hardskill mahasiswa, sehingga nantinya mahasiswa Fakultas Teknik UMPalembang semakin mahir dalam menggunakan IT.

Pelatihan Elearning Dosen, Mahasiswa, dan Administrasi Prodi Kimia

Pelatihan Elearning Dosen, Mahasiswa, dan Administrasi Prodi Kimia

Bagi administrasi prodi memiliki dampak positif dalam hal mengurangi penggunaan kertas, misal potokopi materi, pembagian tugas dan pengumpulan tugas

Download: Materi E-Learning Dosen, Slide Materi Dosen, Slide Materi Mahasiswa

Sumber: Fakultas Teknik UMPalembang