Winda – 24 Mei 2018, Universitas Muhammadiyah Palembang (UMPalembang) telah melakukan sosialisasi dan melakukan simulasi pelatihan terkait aplikasi Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER) bagi dosen dan karyawan di lingkungan UMPalembang. Hal ini dilakukan dalam rangka memudahkan perguruan tinggi, dosen, dan tenaga pendidikan untuk berbagai proses pengembangan karir dosen dan Tenaga Pendidik. Aplikasi SISTER ini dibentuk dan disusun oleh Direktorat Jenderal Sumberdaya Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (DITJEN SDID) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

 

Joko Purnomo, dan Agnes Fibriana, dari Kopertis Wilayah II merupakan narasumber dari  pelaksanaan kegiatan Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER) yang bekerjasama dengan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah II. Kegiatan simulasi pelatihan terkait aplikasi SISTER ini, dilaksanakan di Aula Kantor Pusat Administrasi UMPalembang, Selasa (22/5/2018), dan dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M. Dalam sambutannya, Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., mengatakan bahwa hampir semua dosen di UMPalembang sudah tersertivikasi, oleh karena itu, dengan adanya aplikasi SISTER ini, akan lebih membantu dosen dalam laporan portofolio beban kerja dosen (BKD), walaupun sistem yang ada saat ini cakupannya sudah cukup luas.

 

Kegiatan pelatihan ini merupakan tuntutan dan harus segera dilaksanakan, dengan harapan setiap dosen dapat membangun portofolio yang mengkompilasikan seluruh aktivitas tridarma yang pernah dilakukannya,” ungkap Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M.

 

Sementara itu, Joko Purnomo dari Kopertis Wilayah II memaparkan, Integrasi antara SISTER dengan Pangkalan Data Dikti diharapkan dapat mengurangi beban dosen dalam pengisian portofolio. Pada akhirnya diharapkan pendokumentasian aktivitas tridarma dan peningkatan karir dosen dapat berjalan lebih mudah, lebih efisien dan lebih memberikan kepastian informasi dengan menggunakan SISTER,” ujar Joko Purnomo.

 

 

 

 

Leave a Comment