Workshop Perumusan Kebijakan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang dalam Implementasi Kurikulum MB-KM

Pada hari Sabtu (19/08/2023) Prodi Arsitektur mengadakan kegiatan yang berjudul “Workshop Perumusan Kebijakan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang dalam Implementasi Kurikulum MB-KM”. Kegiatan workshop dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB di Gedung KH Mas Mansur tepatnya di Aula Lt.5 Fakultas Teknik UM Palembang. Kegiatan ini merupakan rangkaian awal dari Program Akselerasi Pengembangan Kurikulum Program Studi Arsitektur dalam Menyiapkan Lulusan yang Kompeten di Era Revolusi 4.0. Adapun Prodi Arsitektur UM Palembang berhasil mendapatkan hibah dari Kemendikbud dan dipercaya untuk menjalankan program yang sudah diajukan. Acara ini mendatangkan Prof. Dr. Ir. Kiagus Ahmad Roni, S.T., M.T., IPM. Asean Eng. sebagai Pembicara. Prodi Arsitektur turut mengundang Kaprodi dan Sekprodi lain di lingkungan fakultas Teknik, mengingat sebelumnya sudah ada dua prodi yang telah menjalankan terlebih dahulu program kurikulum MBKM.

Acara dibuka dengan kata sambutan dari Kaprodi Arsitektur UM Palembang Ibu Reny Kartika Sary, S.T., M.T. dan dilanjutkan dengan pemaparan materi yang dibawakan langsung oleh Prof. Kiagus Ahmad Roni selaku Pembicara. Dosen yang bertugas di kegiatan workshop ini adalah Bapak Erfan M. Kamil, S.T., M.T. sebagai Moderator dan Bapak Randy Rizal, S.T., M. Ars. sebagai Notulen. Prof. Kiagus Ahmad Roni mengungkapkan bahwa dalam menyusun program kurikulum MBKM harus diawali terlebih dahulu dari Universitas, kemudian Fakultas dan Program Studi masing-masing dapat melanjutkan dan mengeksekusi kebijakan yang akan diajukan. Dalam prosesnya perlu banyak persiapan dan kerja sama antar prodi di lintas fakultas maupun universitas.

Kegiatan pun berlangsung hingga sesi diskusi dan tanya jawab, sangat banyak peserta acara yang turut berbagi informasi maupun bertanya seputar persoalan program kurikulum MBKM ini. Beberapa dosen prodi lain yang telah mencoba terlebih dahulu program kurikulum MBKM juga menceritakan progress perjalanan mereka selama menjalankan program tersebut baik dari aspek positif dan aspek negatif yang telah dilalui. Acara pun dilanjutkan dengan pemberian sertifikat yang diserahkan langsung dari Kaprodi Arsitektur ke Pembicara Workshop. Kegiatan ini sangat membantu prodi Arsitektur dalam memulai langkah pelaksanaan program kurikulum MBKM ke depannya. Hingga tiba di penghujung acara, seluruh peserta, panitia hingga pembicara pun melakukan sesi foto bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *