7.2  Pelayanan/Pengabdian Kepada Masyarakat

Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat adalah penerapan bidang ilmu untuk menyelesaikan masalah di masyarakat (termasuk masyarakat industri, pemerintah, dsb).

Jumlah dan dana kegiatan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh masing-masing PS di lingkungan Fakultas dalam tiga tahun terakhir dengan mengikuti format tabel berikut:

Pandangan Fakultas terhadap data pada butir 7.2.1

 Kegiatan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat (PkM) yang dilaksanakan dosen Fakultas Teknik dalam tiga tahun terakhirsebagian besar mengangkat tema keteknikan sebagai perwujudan  pemantapan dan pemanfaatan ilmu keteknikan guna turut aktif mengatasi persoalan yang ada di masyarakat. Hal ini sejalan dengan visi dan misi Fakultas Teknik.

Gambar 7.7 Kegiatan pengabdian masyarakat meningkatkan produksi UKM

Dengan jumlah  dosen tetap sebanyak 75 orang, dan total kegiatan pengabdian masyarakat sebanyak 94 judul, secara rata-rata rasio PkM per dosen per tahun berada pada rasio 1 : 1,25. Ini menunjukkan sebanyak 125% dosen melaksanakan kegiatan PkM. Dalam satu kegiatan pengabdian rata-rata diikuti oleh 3-5 orang dosen.

Jika ditinjau dari jumlah judul PKM bila dibandingkan dengan periode sebelumnya terjadi peningkatan menjadi 154,09%, begitu juga dari segi perolehan total dana PkM dalam tiga tahun terakhir terdapat kenaikan menjadi 439,9% bila dibandingkan dengan periode sebelumnya (2012-2014). Hal ini disebabkan makin banyaknya judul PkM yang mendapat dana hibah baik dari KEMENRISTEKDIKTI dan instansi lainnya. Hal ini menunjukkan kualitas dan kapabilitas civitas academica FT UMP dalam pelayanan/ pengabdian kepada masyarakat sudah semakin baik.  Peningkatan jumlah dana PkM ini membuat kendala pendanaan dapat diatasi dan banyak kegiatan PkM yang dapat direalisasikan. Adapun kendala umum yang dihadapi dalam pelaksanaan PkM adalah alokasi waktu pelaksanaan PkM.

Gambar 7.8 Grafik peningkatan dana kegiatan PkM 2012-2017

Dari Gambar 7.8, dana PkM di tahun 2015 mengalami kenaikan menjadi 107,19% dibandingkan tahun sebelumnya, di tahun 2016 meningkat menjadi 355,82% dibanding tahun 2015 dan di tahun 2017 menjadi 139,6% dibanding tahun 2016.

Komparasi antara jumlah pengabdian dan serapan dana per tahun pada tiga tahun terakhir secara berurutan ditunjukkan pada tabel berikut :

Gambar 7.9 Jumlah PkM di tahun 2012-2014 dan tahun 2015-2017

Untuk kegiatan PkM, Program Studi Teknik Kimia memiliki jumlah terbanyak dibandingkan empat program studi lainnya, yaitu sebesar 25,5% dari total 94 judul PkM.

Guna terus memberikan kontribusi kepada masyarakat, sejak tahun 2015 Fakultas Teknik UM-Palembang telah memiliki beberapa kelompok binaan sebagai mitra dalam kegiatan PkM sebagaimana ditunjukkan pada tabel 7.D berikut :

Tabel 7.D Kelompok Masyarakat Binaan FT UM-Palembang

Dengan hasil-hasil seperti yang telah dijabarkan di atas, Fakultas Teknik UM Palembang terus melakukan upaya pengembangan dan peningkatan kualitas dan kuantitas kegiatan PkM, diantaranya dengan menghadirkan para tenaga ahli untuk memberikan pelatihan pemecahan masalah di masyarakat, pendampingan bagi para dosen untuk dapat membuat proposal kegiatan PkM guna mendapatkan dana hibah kompetisi PkM, menjalin kerjasama dengan berbagai pihak guna memperoleh dana untuk mendukung kegiatan PkM serta memperluas jangkuan dan keragaman tema pengabdian pada masyarakat oleh Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang sesuai dengan misi Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

 

 

Leave a Comment