SuasanaAkademik

5.3. Suasana Akademik 1) Kebijakan Tentang Suasana Akademik Dalam rangka menciptakan suasana akademik yang kondusif, Fakultas Teknik menjalankan Standar Mutu Universitas Muhammadiyah Palembangkebijakan dan peraturan-peraturan yang tidak bertentangan dengan peraturan pemerintah dan peraturan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dengan menerbitkan buku Kode Etik Dosen (SK Rektor No: 139/E-1 /KPT SUMP/ VIII /2013), Kode Etik Karyawan (SK Rektor…

Read More

Pendapat pimpinan Fakultas tentang perolehan dana pada butir 6.1.1 yang mencakup aspek kecukupan dan upaya pengembangannya dan kendala-kendala yang dihadapi

Perolehan dana berasal dari penerimaan internal dan eksternal. Penerimaan Internal, adalah yang bersumber dari mahasiswa dan unit usaha di lingkungan UM Palembang, sehingga menjamin keamanan seluruh transaksi yang terjadi. Penerimaan tersebut antara lain: Internal bersumber dari Mahasiswa, adalah: Biaya penerimaaan mahasiswa baru, biaya pengembangan pendidikan, biaya lain-lain (Infak, Semester pendek dan lainnya). Internal bersumber dari…

Read More

Proses pengelolaan dana institusi perguruan tinggi mulai dari perencanaan, penerimaan, pengalokasian, pelaporan, audit, monitoring dan evaluasi, serta pertanggungjawaban kepada pemangku kepentingan

Pengelolaan keuangan di Fakultas Teknik mengacu pada UM Palembang yang pengolahannya satu pintu yang bertujuan untuk mendukung dan menjamin proses belajar mengajar, kegiatan penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pembinaan Al-Islam dan Kemuhaammadiyahan yang terkendali, mulai dari perencanaan, penerimaan, pengalokasian, pelaporan, audit, monitoring, evaluasi serta pertanggungjawaban kepada pemangku kepentingan. Dalam pelaksanaan   keuangan   UM  Palembang  mengacu   pada  …

Read More

Pembelajaran

5.2. Pembelajaran Proses pembelajaran di lingkungan Fakultas Teknik dilaksanakan secara langsung dan terperogram melalui RPS yang diamatkan kepada Dosen pengasuh mata kuliah, dengan prinsip Student Centered Learning (SCL). Metoda pelaksanaan pembelajaran di lingkungan Fakultas Teknik cukup bervariasi tergantung kepada bobot (C4, C5, dan atau C6 Taksonomi Anderson) dan jenis materi mata kuliah, serta tujuan Capaian…

Read More

Monitoring, Evaluasi, Pengembangan dan Pemutakhiran Kurikulum

5.1.3. Monitoring, Evaluasi, Pengembangan dan Pemutakhiran Kurikulum Menurut Panduan Penyusunan Kurikulum Berorientasi KKNI UM Palembang (SK Rektor Nomor: 340/G-20/KPTS/UMP/2015), dan Pedoman Pembelajaran dan Monitoring Evaluasi Pembelajaran UM Palembang SK Rektor Nomor: 0089/J-18/KPT/UMP/I/2018. Kegiatan monitoring dan evaluasi kurikulum sebagai berikut: Kurikulum memuat jabaran capaian pembelajaran yang memenuhi komponen pengetahuan, sikap, keterampilan umum dan keterampilan khusus, serta…

Read More

Pembiayaan

Pengelolaan dana institusi perguruan tinggi harus tercerminkan dalam dokumen tentang proses perencanaan, penerimaan, pengalokasian, pelaporan, audit, monitoring, dan evaluasi, serta pertanggungjawaban penggunaan dana kepada pemangku kepentingan melalui mekanisme yang transparan dan akuntabel.

Read More

Bobot Kurikulum Program Studi di lingkungan Fakultas Teknik

5.1.2. Bobot Kurikulum Program Studi di lingkungan Fakultas Teknik Kurikulum Program Studi di lingkungan Fakultas Teknik harus dirancang untuk menghasilkan profil lulusan yang besesuaian dengan visi Program Studi yang merupakan turunan dari visi Fakultas Teknik, yaitu menghasilkan lulusan yang Unggul, Islami dan Berdaya Saing Tinggi, tanpa mengurangi keunikan dan kekhasan Program Studi. Muatan kurikulum dirumuskan…

Read More

Peran Fakultas Teknik dalam Penyusunan, Pengembangan dan Pemuktahiran Kurikulum

5.1.1. Peran Fakultas Teknik dalam Penyusunan, Pengembangan dan Pemuktahiran Kurikulum   Fakultas Teknik berperan sebagai fasilitator, dinamisator, dan regulator dalam penyusunan, pengembangandan atau pemuktahiran kurikulum KKNI. Peran fasilitator dilakukan dengan menyediakan dukungan sarana dan prasarana, pendanaan dalam kegiatan penyusunan kurikulum, memberi ruang dan kesempatan terlaksananya pelatihan, lokakarya dan atau seminar terkait pengembangan kurikulum, mengikutsertakan dan…

Read More

Kurikulum

5.1. Kurikulum Fakultas Teknik telah memberlakukan kurikulum KKNI sejak tahun 2016, meski kegiatan lokakarya pertama kurikulum berbasis KKNI telah dilaksanakan pada pada tanggal 17 Desember 2014, dengan dihadiri Pimpinan Universitas, Pimpinan Fakultas, Pimpinan Program Studi, Dosen, Tenaga Kependidikan, perwakilan Himpunan Mahasiswa di lingkungan Fakultas Teknik, perwakilan Asosiasi Profesi, Praktisi, perwakilan pengguna lulusan Fakultas Teknik, dan…

Read More