7.1 Penelitian Dosen Tetap yang Bidang Keahliannya Sesuai dengan PS

7.1.1 Jumlah dan dana penelitian yang sesuai dengan bidang keilmuan PS, yang dilakukan oleh dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan PS selama tiga tahun terakhir.

7.1.2   Pandangan pimpinan Fakultas Teknik tentang Penelitian Dosen data pada butir 7.1.1

Kebijakan dan dasar Penelitian tertuang dalam Rencana Strategis Fakultas Teknik 2013 – 2023 (SK Dekan no: 13/I/13/KPTS/FT-UMP/4/2013) poin 4.1. Tujuan Tahap Pertama 2013 – 2016 butir d. sebagai tonggak awal pencapaian menuju pembelajaran berbasis penelitian. Selanjutnya kebijakan, tujuan dan sasaran tersebut di pertegas pada Rencana Operasional (Renop) Fakultas Teknik 2013 – 2016 (SK Dekan no13/I/13/KPTS/FT-UMP/4/2013) dan dilanjutkan dengan Renop Fakultas Teknik 2017-2019. Selanjutnya Fakultas Teknik melalui Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Teknik (UPPM FT) merumuskan Rencana Induk Penelitian (RIP) dan Pengadian Kepada Masyarakat Fakultas Teknik UM Palembang tahun 2017, yang menjadi pedoman penyelenggaraan  pengelolaan penelitian di lingkungan Fakultas Teknik dengan 6 (enam) unggulan fokus Penelitian, yaitu:

  1. Bidang Kemandirian Pangan
  2. Penciptaan dan pemanfaatan energi baru dan terbarukan
  3. Penciptaan teknologi dan manajemen transportasi
  4. Teknologi Inforamsi dan Komunikasi
  5. Material Maju, dan
  6. Teknologi Manajemen Penanggulangan Bencana

Enam fokus tersebut dimaksudkan sebagai manifestasi visi Fakultas Teknik untuk menjadi Unggul, Islami dan Berdaya Saing Tinggi, dengan tetap memperhatikan kearifan lokal dan menonjolkan keunikan Program Studi.

Beberapa penelitian sudah merupakan penelitian unggulan dengan mendapatkan hibah unggulan, seperti PDUPT dan PTUPT ataupun penelitian sudah berfokus pada tema tertentu, seperti penelitian tentang pengembangan energi terbarukan (PLTMH), penataan ruang terbuka hijau dan pemanfaatan ampas tebu. Penelitian–penelitian tersebut menunjang visi “unggul” dari Fakultas Teknik UM Palembang.

Secara kuantitatif (tabel 7.1.1.) jika dibandingkan dengan jumlah penelitian pada tahun 2014 (base line Borang tahun 2014) sebanyak 45 penelitian, maka pada tahun 2015 meningkat sebesar 40% menjadi 63 penelitian, meskipun kemudian pada tahun 2016 dan 2017 sedikit menurun menjadi 35,6% atau sebanyak 61 penelitian per tahun, dibandingkan tahun 2014 (Gambar 7.1.), atau dengan rata-rata peningkatan sebesar 37% dari tahun 2014 dengan rata-rata per tahun sebanyak 61,67 penelitian, dan total pada tiga tahun terakhir sebanyak 185 penelitian. Dengan jumlah  dosen tetap sebanyak 75 orang  (dengan kualifikasi minimum asisten ahli),  rasio jumlah penelitian per dosen berada pada angka 1 : 1,2 atau baik dan wajar.

Gambar 7.1 Jumlah penelitian dosen FT-UM Palembang 2012-2017

Jika dilihat dari asal program studi, pada periode 2015-2017 Program Studi Teknik Sipil memiliki jumlah penelitian terbanyak dibandingkan program studi lainnya (Gambar 7.2) atau sebesar 31, 89% dari total jumlah penelitian.

Gambar 7.2 Jumlah penelitian dosen berdasarkan program studi

Jika memiliki rasio 1 : 1,2 dan dibandingkan dengan batas kepatutan jumlah penelitian mandiri per tahun sebesar 1 penelitian per dosen pertahun, maka dari segi kecukupan telah mencapai angka 200% dari jumlah ideal sebanyak 75 penelitian pertahun (75 dosen x 1 penelitian per tahun).

Gambar 7.3 Perolehan dana penelitian periode 2012-2014 dan 2015-2017

Gambar 7.3 menunjukkan jika dilihat dari sisi serapan dana penelitian, terjadi peningkatan signifikan di tahun 2015 dengan base poin pada tahun 2014 dari 716 juta menjadi 1.015,08 juta atau meningkat menjadi 41,77 %. Peningkatan juga terjadi pada tahun 2016, dimana dana serapan penelitian sebesar 1.335,50 juta atau meningkat menjadi 31,56 %, dan tahun 2017 serapan dana penelitan sebesar 1.446,38 juta atau menjadi 8,3 % dibanding tahun 2016.

Jika dilakukan komparasi antara jumlah penelitian dan serapan dana per tahun pada tiga tahun terakhir secara berurutan pada tahun 2015 sebesar 1.015,08 juta / 63 atau sebesar 16,11 juta untuk 1 penelitian, kemudian tahun 2016 sebesar 1.335,50 juta / 61 atau sebesar 21,89 juta untuk 1 penelitian, kemudian tahun 2017, sebesar 1.446,38 juta / 61 atau sebesar 23,71 juta untuk 1 penelitian, atau dengan rata-rata pada tiga tahun terakhir sebesar 20,57 juta rupiah untuk 1 penelitian (Gambar 7.4). Peningkatan serapan dana penelitian sebesar 20,57 juta untuk 1 penelitian menjadi indikator peningkatan kualitas penelitian.

Gambar 7.4 Serapan dana penelitian 2015-2017

Rencana penelitian dan pelaksanaan penelitian di lingkungan Fakultas Teknik diarahkan untuk senantiasa mengacu kepada 6 enam fokus unggulan yang tertuang di dalam RIP Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Teknik. Fakultas teknik baik melaui UPPM Fakultas Teknik, UPJ Fakultas Teknik dan atau jalur lainnya, senantiasa menjalin kerja sama terkait penelitian dan pendanaan penelitian. Fakultas Teknik menjadi fasilitator dan dinamisator dalam mendorong kegiatan Penelitian yang dilakukan Dosen Tetap dengan deseminasi informasi terkait peluang dana hibah penelitian, baik hibah internal Universitas Muhammadiyah Palembang, melalui LPPM UM Palembang, maupun memberikan dana hibah stimulus penelitian di tingkat Fakultas melalui UPPM Fakultas Teknik.

Peluang dana hibah internal di lingkungan Univeristas Muhammadiyah Palembang dan atau di Fakultas Teknik, diberlakukan prinsip ekuitas dan transparansi, dengan aturan serta persyaratan yang sangat jelas dan terangkum di dalam buku pedoman yang dapat diunduh oleh Dosen di lingkungan Fakultas melalui website www.um-palembang.ac.id atau website www.ft.um-palembang.ac.id, seperti yang ditunjukkan pada gambar 7.5. berikut ini:

Gambar 7.5 Laman situs LPPM UM Palembang

Lebih lanjut, penelitian yang telah dilakukan didorong untuk dilakukan publikasi, baik melalui Seminar Nasional dan Internasional maupun melalui Jurnal Program Studi ber ISSN di lingkungan Fakultas Teknik, dan jurnal lainnya di luar lingkungan Universitas Muhammadiyah Palembang. Fakultas Teknik melalui UPJ FT mendorong perluasan link dan kerja sama dalam upaya publikasi penelitian, baik melalui Jurnal Ilmiah, Media Massa, maupun media sosial yang dirasa cukup relevan terkait publikasi dan deseminasi hasil penelitian.seminar.Berikut disajikan data kegiatan seminar dan publikasi Artikel Karya Ilmiah yang telah tercatat dalam lembaga sitasi seperti Google Scholar dan Shinta.

Tabel 7.A Kegiatan Seminar Nasional dan Internasional Dosen FT UM-Palembang

Tabel 7.B Jumlah Publikasi Penelitian Dosen

Upaya peningkatan kualitas penelitian di lingkungan Fakultas Teknik dilakukan dengan menjadi fasilitator bagi Dosen di lingkungan Fakultas Teknik untuk berpartisipasi dalam workshop dan atau seminar terkait peningkatan kualitas, baik yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik, maupun selain itu, misalnya menghadirkan pembicara seperti, Assoc. Prof. Dr. Edy Herianto Majlan, AMIChemE., dari Universiti Kebangsaan Malaysia dan Prof. Siti Nurmaini dari Universitas Sriwijaya

Gambar 7.6 Kegiatan peningkatan kualitas penulisan artikel ilmiah bagi dosen

Fakultas Teknik berkomitmen untuk menjamin keberlanjutan Penelitian dengan langkah dan kebijakan sebagai berikut :

  1. Menetapkan 6 (enam) fokus unggulan penelitian yang berseuasian dengan visi Fakultas Teknik; Unggul, Islami dan Beradaya Saing Tinggi.
  2. Menetapkan Pedoman Mutu Penelitian, sebagai upaya penjaminan mutu penelitian dan pencegahan plagiasi.
  3. Menetapkan RIP Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat sebagai agenda penelitian jangka panjang,
  4. Meningkatkan kualitas SDM terkait penelitian melalui pelatihan dan seminar,
  5. Menganggarakan dana penelitian bagi dosen di lingkungan Fakultas Teknik, melalui mekanisme tertentu, baik berupa dana hibah maupun dana hibah kompetisi,
  6. Meningkatkan sarana dan prasarana penelitian, seperti Laboratorium yang memungkinkan digunakan untuk penelitian, baik dosen internal maupun di luar lingkungan Fakultas Teknik,
  7. Mengembangan dan membina jejaring penelitian melalui MOU, MOA dan atau penelitian bersama yang dilakukan oleh dosen yang berasal dari universitas yang berbeda,
  8. Berperan aktif dalam deseminasi informasi terkait peluang dana hibah ekternal, memalui sistem informasi dan laman internet, atau media sosial yang dianggap relevan untuk digunakan, seperti grup whats up Humas, LPPM, dan papan informasi.

Kendala yang dihadapi dalam hal penelitian adalah beberapa dosen secara administratif tidak dapat mengikuti  hibah kompetisi sebagai peneliti utama. Namun begitu mereka tetap dilibatkan sebagai anggota peneliti.

Leave a Comment