KUNJUNGAN DAN STUDI BANDING KE PRODI ARSITEKTUR UNSRI KAMPUS INDRALAYA

Pada hari Senin (02/10/2023) Prodi Arsitektur UM Palembang melakukan kunjungan dan studi banding ke Prodi Arsitektur Unsri Kampus Indralaya. Program ini merupakan rangkaian kerja keempat “Akselerasi Pengembangan Kurikulum Program Studi Arsitektur dalam Menyiapkan Lulusan yang Kompeten di Era Revolusi 4.0”. Kegiatan ini diikuti oleh 8 dosen, 1 karyawan dan 51 mahasiswa Prodi Arsitektur UM Palembang. Titik keberangkatan dimulai dari Kampus A Fakultas Teknik UM Palembang, Kegiatan diawali dengan kata sambutan dari Ibu Reny Kartika Sary, S.T., M.T. selaku Kaprodi dan Bapak Meldo Andi Jaya, S.T., M.T. selaku Sekprodi Arsitektur UM Palembang. Kemudian rombongan kunjungan dan studi banding melakukan pelepasan yang diakhiri dengan doa bersama. Perjalanan ke Kampus Unsri Indralaya menggunakan transportasi berupa 1 unit mobil dan 1 unit bus sewa, berangkat dimulai dari jam 08.45 WIB dan tiba di Unsri Kampus Indralaya pada jam 09.45 WIB. Rombongan disambut hangat oleh IMA dan Prodi Arsitektur Unsri saat tiba di Fakultas Teknik Unsri.

Pihak Prodi Arsitektur Unsri turut mengantar rombongan ke aula fakultas untuk melaksanakan pembukaan secara resmi. Acara dibuka oleh MC dengan semua peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian MC memperkenalkan sekilas tentang Prodi Arsitektur Unsri melalui tayangan dan cuplikan video sebelum akhirnya dilanjutkan dengan berbagai kata sambutan. Kata sambutan berturut-turut dibawakan oleh Ketua IMA Unsri, lalu Ketua Himata UM Palembang, Koordinator Prodi Arsitektur Unsri dan Kaprodi Arsitektur UM Palembang. Di akhir acara pembukaan, masing-masing prodi memberikan cinderamatanya sebagai kenang-kenangan dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

.Acara dilanjutkan dengan tur ke studio yang berada di Prodi Arsitektur Unsri. Prodi Arsitektur Unsri kurang lebih memiliki 4 unit ruang studio yang membawahi masing-masing bidang seperti bidang Perancangan Arsitektur, Sejarah dan Teori Arsitektur, Permukiman dan Kota hingga Arsitektur Digital. Selain itu Prodi Arsitektur Unsri juga memiliki 1 unit ruang Prodi, 1 unit ruang studio Tugas Akhir dan kurang lebih 4-5 ruang kelas. Tentunya keadaan ini menjadi pembelajaran bagi Prodi Arsitektur UM Palembang agar dapat turut meningkatkan kualitas dan mengembangkan fasilitas yang tersedia saat ini. Atmosfer akademik dan fasilitas studio arsitektur yang memadai sangat diperlukan dalam mencapai tujuan “Pengembangan Kurikulum Program Studi Arsitektur dalam Menyiapkan Lulusan yang Kompeten di Era Revolusi 4.0”. Setelah tur keliling yang dipandu oleh Kepala Studio dan Mahasiswa Arsitektur Unsri, kegiatan akan dilanjutkan dengan Diskusi Kurikulum bagi para Dosen dan Diskusi seputar Organisasi Kemahasiswaan bagi Mahasiswa. Kegiatan berlanjut hingga pukul 14.00 WIB.

Pada siang harinya, rombongan tur melanjutkan kegiatan ke proyek Masjid Raya Unsri yang sedang dalam masa konstruksi. Rombongan tur disambut oleh CV Konsultan yang melaksanakan perencanaan bangunan tersebut. Disana mahasiswa mendapatkan banyak ilmu seputar pekerjaan lapangan yang tidak didapatkan di ruang perkuliahan. Setelah mendapatkan penjelasan dan tur di Masjid Raya tersebut, rombongan pun melakukan sesi foto bersama sebelum melanjutkan perjalanan kembali ke Palembang. Kegiatan ini menjadi sebuah pengalaman baru bagi Prodi Arsitektur UM Palembang, semoga tali silahturahmi antara Prodi Arsitektur UM Palembang dan Prodi Arsitektur Unsri akan selalu terjalin hingga dapat merealisasikan kerja sama atau kolaborasi lain ke depannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *