KULIAH KERJA LAPANGAN 2022 : Jakarta-Yogyakarta

Prodi Arsitektur UM Palembang kembali melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di tahun 2022. KKL ini merupakan salah satu MK yang dapat diambil oleh mahasiswa saat Tahun Ajaran Semester Genap. Pada tahun 2022 ini tujuan utama dari KKL 2022 adalah Jakarta-Yogyakarta. KKL ini diikuti oleh 46 Mahasiswa beserta 3 orang Dosen pendamping dari prodi Arsitektur UM Palembang. Kegiatan dilaksanakan dari tanggal 30 Agustus hingga 04 September 2022. Adapun mahasiswa dan dosen mengunjungi Prodi Arsitektur UNISA Yogyakarta untuk menjalin silahturahmi dan melakukan studi banding. Kedatangan mahasiswa dan dosen prodi Arsitektur UM Palembang ini disambut baik oleh segenap rekan-rekan dari Prodi Arsitektur UNISA Yogyakarta.

Selain melakukan kunjungan ke UNISA Yogyakarta, peserta KKL 2022 juga mengunjungi Candi Prambanan dan Keraton Yogyakarta untuk mempelajari Arsitektur, Sejarah dan Budaya Tradisional Indonesia. Ada banyak sekali kisah-kisah menarik yang perlu didengarkan selama melaksanakan KKL 2022 ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami dan mengetahui bahwa Arsitektur Tradisional di Indonesia senantiasa tetap menjaga nilai luhur dan tradisinya di tengah-tengah perkembangan zaman modern ini.

Berbeda dengan Yogyakarta yang kaya akan nilai-nilai kesederhanaan dan tradisionalitasnya, Jakarta diisi oleh banyak bangunan-bangunan megah nan ikonik. Kunjungan peserta KKL 2022 di Jakarta meliputi Jakarta International Stadion (JIS), Masjid Raya Istiqlal, Kota Tua Jakarta beserta PT Dekkson Jakarta. Mahasiswa mempelajari material-material terbaru yang mulai digunakan pada perancangan gedung-gedung besar di Jakarta hingga Sejarah Perkembangan Arsitektur Kota Tua Jakarta.

Kegiatan KKL ini berjalan dengan lancar dan baik. Peserta KKL 2022 juga turut berbahagia karena bisa mengabadikan momen berharga dan mendapatkan pengalaman langsung untuk mengenal lebih jauh perkembangan Arsitektur Indonesia. Adapun peserta KKL 2022 juga menghasilkan output kegiatan berupa Majalah dan Laporan Perjalanan. Hal ini dilaksanakan untuk memenuhi tugas utama dari MK KKL. Cukup sampai disini cerita KKL 2022 kali ini, semoga kita dapat berjumpa lagi di KKL selanjutnya !!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *