WORKSHOP KURIKULUM : Assesment dan Feedback Stakeholder

Pada Senin (04/07/2022) Prodi Arsitektur UM Palembang menyelenggarakan Workshop Kurikulum yang bertempat di Ruang Seminar Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang. Workshop Kurikulum ini mengangkat Tema Adaptasi Kurikulum Prodi Arsitektur di Era Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Workshop diadakan dengan maksud sebagai salah satu rangkaian proses penyusunan revisi kurikulum 2017 dengan mengundang berbagai pihak yang terdiri dari praktisi, akademi, pemerintah dan pegiat dunia industri konstruksi. Acara ini mengundang Bapak Akhmad Bastari, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng. (Dinas PUPR Kota Palembang), Bapak Ir. Erza Sembiring, S.T., M.T. (Ikatan Konsultan Indonesia/ INKINDO), Bapak Andi Sampura (DPD Real Estate Indonesia Palembang) serta Bapak Ar. Ir. Ardani, S.T., M.T. IAI (IAI Sumsel) sebagai narasumber. Pembukaan acara dibuka langsung oleh Wakil Dekan IV Fakultas Teknik UM Palembang yaitu Bapak Dr. Sayid Habiburrahman, S.Pd., M.Pd.

       

Adapun acara diawali dengan Presentasi Visi dan Misi Prodi Arsitektur UM Palembang oleh Bapak Riduan S.T., M.T., IAI. selaku Kaprodi Arsitektur. Beliau mengungkapkan bahwa Perkembangan pendidikan arsitektur saat ini sangat cepat  namun dinamis, terutama kebutuhan  dalam peningkatan kualitas lulusan yang mampu menguasai kemampuan soft skill dan hard skill di dunia kerja era revolusi industri 4.0. Oleh karena itu kondisi ini memberikan kesempatan dan tantangan tersendiri kepada prodi Arsitektur UM Palembang agar dapat menyusun kurikulum dengan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi dalam pendidikan arsitektur.

      

Sesi Assesment dan Feedback Stakeholder ini dimoderatori oleh Bapak Ramadisu Mafra, S.T., M.T. Pada sesi ini para narasumber menyampaikan materi tentang “Meningkatkan Link and Match antara Lulusan Prodi Arsitektur dengan Dunia Kerja di Era Revolusi Industri 4.0” sesuai keterkaitan bidang masing-masing para narasumber. Adapun tujuan diadakannya workshop ini adalah untuk mendapatkan ide dan masukan dari berbagai pihak sebagai pertimbangan menyusun revisi kurikulum 2017 dengan mempertimbangkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kebutuhan dunia kerja dan penerapan kurikulum MBKM.

   

     

Acara diakhiri dengan penyerahan sertifikat dan souvenir dari pihak prodi Arsitektur UM Palembang kepada keempat narasumber yang mengisi acara tersebut. Harapan yang ingin dicapai dari workshop kurikulum ini yaitu tersusunnya dokumen proses penyusunan kurikulum sebagai dokumen pendukung borang akreditasi dan persiapan prodi menuju kurikulum MBKM. Acara ditutup dengan foto bersama Pihak Prodi Arsitektur, Narasumber dan Tamu Undangan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *