1. 2 Lulusan

Kelulusan akhir mahasiswa tercantum didalam Standar Mutu Penilaian  Pembelajaran (SK Rektor nomor : 312/I-12/KPTS/UMP/VIII/2016 sebagai berikut :

1) Mahasiswa dinyatakan lulus apabilah telah menempuh semua matakuliah termasuk skripsi dengan IPK minimal 2,75 dan mahasiswa yang belum mencapai IPK minimal diwajibkan mengulangi matakuliah;

2) Mahasiswa dinyatakan lulus dengan predikat memuaskan jika mencapai IPK 2,75 sampai dengan 3,00;

  • Mahasiswa dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan jika mencapai IPK 3,01 sampai dengan 3,50;
  • Mahasiswa dinyatakan lulus dengan predikat pujian jika mencapai IPK lebih dari 3,50 dengan ketentuan syarat masa studi maksimum yaitu n tahun (masa studi minimum ditambah 1 tahun) berdasarkan KepMenDik RI nomor: 232/U/2000, pasal 15 ayat 4), tidak ada nilai C dan tidak ada mata kuliah yang mengulang atau mengikuti semester pendek (SP).

Untuk mengakhiri studi mahasiswa wajib mengikuti proses penulisan karya ilmiah berupa tugas akhir (skripsi) yang sudah disediahkan portal khusus skripsi elektonik dan dapat diakses melalui http://www.perpusumpalembang.com/anggota/index.php?halm=1-5&posisi=unit

3.2.1 Tabel rata-rata masa studi dan rata-rata IPK lulusan selama tiga tahun terakhir dari mahasiswa reguler bukan transfer untuk tiap program studi S1 yang dikelola oleh Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang

3.2.2 Pandangan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang tentang Rara-Rata Masa Studi dan Rata-Rata IPK Lulusan yang Mencakup Aspek : Kewajaran, Upaya Pengembangan, dan Upaya Peningkatan Mutu Beserta Kendala yang Dihadapi

 Pandangan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang  tentang rata-rata masa studi dan rata-rata IPK yang mencakup aspek, yaitu:

Mahasiswa Fakultas Teknik menyelesaikan masa studinya rata-rata dalam tiga tahun terakhir selama 4,71 tahun dengan rata-rata IPK 3,15. Upaya pengembangan dan peningkatan mutu yang dilakukan Fakultas Teknik untuk meningkatkan kualitas lulusan dengan cara :

  1. Bimbingan dan konseling dalam bentuk konsultasi akademik, konsultasi tugas akhir, konsultasi non akademik yang meliputi masalah pribadi, kolektif, maupun masalah di keluarga dengan pembimbing akademik (PA) yang di sertai membawa buku saku akademik dan adanya konsultasi bimbingan karier melalui UPT CDC UM Palembang, CDC melayani masalah konseling coaching mengenai permasalahan tentang perencanaan karier, masalah perkuliahan dan psikologi;
  2. Pembinaan minat dan bakat dilakukan dengan cara adanya mata kuliah kewirausahaan;
  3. Pembinaan soft skills dengan cara mengadakan kegiatan latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar, Kepemimpinan Tingkat Madya’ dan Darul Arqom Dasar;
  4. Pelatihan Bahasa Inggris yang diadakan oleh Lembaga Bahasa UM Palembang maupun Lembaga Bahasa Fakultas dengan mengadakan tes toefl awal masuk kuliah, pertengahan kuliah dan pada saat seminar komprehensif dengan ketentuan nilai toefl 450;
  5. Peningkatan penguasaan teknologi informasi dengan cara pengembangan jejaring dalam memberikan informasi kegiatan mahasiswa dan lowongan pekerjaan;
  6. Inovasi model pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa sehingga dapat meningkatkan berpikir kritis bagi mahasiswa;
  7. Pengembangan kegiatan pembinaan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dengan cara pengajian rutin satu bulan sekali, tes baca Al-Qur’an dan hafalan surat-surat pendek di laksankan pada saat akan diadakannya ujian seminar Kerja Praktek, ujian seminar proposal skripsi dan seminar komprehensif dan adanya kegiatan Darul Arqom.Kendala yang dihadapi :
    1. Lamanya masa studi dan rata-rata IPK yang diperoleh mahasiswa belum maksimal disebabkan masih ada mahasiswa yang kuliah sambil bekerja, terutama untuk mahasiswa semester terakhir, sehingga konsentrasi mahasiswa untuk menyelesaikan kuliah tepat waktu dan memperoleh IPK yang tinggi terhambat. Untuk mengatasi hal tersebut upaya yang dilakukan oleh Fakultas Teknik adalah mencarikan beasiswa bagi mahasiswa yang bersangkutan agar bisa berkonsentrasi pada studi. Maka Rektor mengeluarkan Surat Keputusan Rektor nomor : 750/H-3/KPTS/UMP/V/2015 tentang Beasiswa bagi mahasiswa yang Berprestasi tetapi kekurangan dalam Pembiayaan Selain itu juga memaksimalkan pemanfaatan proses pembelajaran dengan menggunakan IT, seperti e-mail, software.
    2. Lingkungan tempat tinggal mahasiswa di area padat penduduk ikut berpengaruh terhadap kenyamanan belajar mahasiswa. Suasana yang tidak kondusif ini membuat mereka tidak dapat berkonsentrasi belajar. Juga pengaruh budaya nongkrong mahasiswa membuat waktu belajar mereka berkurang. Juga pengaruh buruk dari HP (media sosial : whatsapp, facebook).
    3. Kemudahan teknologi komunikasi, seperti Internet dan BBM membuat mahasiswa mengandalkan pada informasi yang ada di media ini. Akibatnya, mereka kurang dalam hal berpikir kritis.
    4. Sebagian mahasiswa dalam bertindak masih terlalu mengacu pada peer group-nya, sehingga dalam memilih peminatan bukan atas dasar minat dan bakat pribadinya. Karena itu, ketika sudah ada di semester yang lebih atas mereka mulai mengalami kesulitan belajar.

                

Leave a Comment