VISI, MISI, DAN TUJUAN

Sesuai dengan tujuan dan kiprah Persyarikatan Muhammadiyah, Universitas Muhammadiyah Palembang menetapkan nilai inti yaitu; keislaman, kebangsaan, keunggulan, dan kebersamaan. Seluruh perencanaan dan kegiatan Universitas Muhammadiyah Palembang didasarkan pada tujuan inti, yang berkaitan dengan pendidikan, penelitian, dan kepedulian, dengan harapan agar Universitas Muhammadiyah Palembang menjadi salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Dalam kaitan itu, Fakultas Teknik UM Palembang telah merumuskan visi, misi, dan tujuan sebagai berikut.

Visi

Menjadi Fakultas Teknik berstandar nasional, menghasilkan lulusan yang Unggul, Islami,  dan Berdaya Saing Tinggi di bidang IPTEK tahun 2023.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu untuk menghasilkan sarjana Teknik yang unggul dan kompetitif.
  2. Mengembangkan dan menyelenggarakan penelitian Teknik  dengan memanfaatkan aplikasi teknologi informasi.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat sebagai salah satu proses pemantapan dan pemanfaatan ilmu untuk masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan Keteknikan.
  4. Mengintegrasikan nilai-nilai Islam dan kemuhammadiyahan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, menuju keluhuran akhlak, dan kematangan professional.
  5. Melaksanakan manajemen sistem penjamin mutu, menjadikan sistem manajemen kinerja berbasis Balance Score Card (BSC) sebagai alat penjamin mutu dan alat penilai kinerja unit pelaksana.

Tujuan

Visi dan misi yang sudah dirumuskan itu perlu direalisasikan dengan menetapkan tujuan-tujuan operasional yang memungkinkan pencapaian harapan masa depan. Tujuan yang harus dicapai Fakultas Teknik UM Palembang adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan (sarjana teknik) yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, menjiwai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, serta berwawasan Islam dan Kemuhammadiyahan.
  2. Menghasilkan lulusan yang profesional dalam keteknikan.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan membuat dan melaksanakan desain, strategi, metode, yang berkaitan dengan keteknikan.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu merespon perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta dapat melakukan upaya pembaharuan dan pemberdayaan masyarakat.

Keempat tujuan ini dijabarkan menjadi sejumlah strategi yang operasional dan terukur dengan mempertimbangkan segala isu, dan analisis Strength, Weakness, Opportunities, Threat (SWOT).