SAYEMBARA ARSITEKTUR : MASJID IKONIK PEKALONGAN BARU X STUDIO PERANCANGAN ARSITEKTUR 4

Pada tanggal 14 Oktober 2022 Dinas PUPR Kota Pekalongan bekerjasama dengan Ikatan Arsitek Indonesia Jawa Tengah mengadakan Sayembara ide desain untuk Masjid Ikonik di Pekalongan Baru. Sayembara ini diadakan dengan harapan dapat menjaring hasil desain yang inovatif, kreatif dan aplikatif berupa fasilitas pada kawasan perkotaan kota Pekalongan. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi parameter untuk mencapai hasil yang optimal, khususnya dalam menghasilkan banyak alternatif desain yang terbaik dari segala sisi baik arsitektur, fungsional, struktur maupun pendekatan biaya. Desain harus mampu hadir sebagai fasilitas peribadatan yang konteks terhadap tapak dan kondisi eksisting di sekitarnya dalam upaya pengembangan kawasan perkotaan terkait pengembangan ruang kota koneksi ke jalur Toll Pantura.

Adapun Prodi Arsitektur UM Palembang mengirim dua tim yang masing-masing terdiri dari Dosen-dosen Ber-STRA, Alumni dan Mahasiswa/i. Kegiatan Sayembara ini juga diintegrasikan bersamaan dengan MK Studio Perancangan Arsitektur 4 yang membahas topik Bangunan Bentang Lebar. Jadi Peserta MK Studio Perancangan Arsitektur 4 diperbolehkan mengikuti Sayembara ini dan menjadikan outputnya sebagai Tugas Akhir MK tersebut. Kedua Tim ini diketuai oleh Bapak Ar. Erfan M. Kamil, S.T., M.T. IAI dan Bapak Ar. Riduan, S.T., M.T., IAI. selaku Dosen Pengasuh MK Studio Perancangan Arsitektur 4. Nama-nama anggota yang mengikuti antara lain Ade Kurniawan, S.Ars. (Alumni AR Angkatan 2015), Dzikrillah Dwi Putra, S.Ars. (Alumni AR Angkatan 2016), Ahmad Nurdin (AR 2019), Akbar Raihanza (AR 2019), Azzahra Rofiqoh (AR 2019), Fadilah Nafiza (AR 2019), Farhany Aura Ifafah (AR 2019) dan M. Nasrul Hadi (AR 2019).

Adanya kegiatan sayembara ini sangat membantu mahasiswa dalam mengeksplorasi ide-ide dan bentuk dari sebuah desain. Mahasiswa juga dituntut untuk mampu bekerjasama dalam satu tim dan berpikir kritis terhadap setiap proses perancangan yang berlangsung. Mahasiswa mendapatkan banyak pengalaman baru dari kegiatan sayembara ini, mereka dapat belajar bagaimana sebuah konsep itu muncul, bagaimana memahami peraturan daerah terkait spesifikasi bangunan hingga memperluas jaringan (networking) antar mahasiswa-alumni. Kegiatan sayembara ini akan dipresentasikan final saat Ujian Akhir Semester MK Studio Perancangan Arsitektur 4. Mahasiswa harus mampu memberikan performa terbaiknya dalam menerapkan ide dan konsep perancangan baik di dalam dan luar kampus. Berikut beberapa karya yang telah dihasilkan oleh Kedua Tim selama Kegiatan Sayembara berlangsung :

  1. Karya Tim 1 (MP 68) “JANNAH AL FIRDAUS”

2. Karya Tim 2 (MP 69) “AL FATH”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *