Pendirian Program Studi Teknologi Informasi

Penyerahan SK Izin Pembukaan Program Studi Teknologi Informasi

Bayuwputra – Alhamdulillahi robbilalamin, segala puji bagi Allah yang telah memberi nikmat yang diberikan pada saya, terutama telah didirikannya program studi teknologi informasi tahun Januari 2018. Program studi ini merupakan prodi pertama di Sumatera Selatan.

Penyerahan SK Izin Pembukaan Program Studi Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Palembang oleh Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah II Prof. Dr. Slamet Widodo kepada Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang yang diwakili oleh Prof. Dr. Indawan Syahri, M.Pd., (Wakil Rektor I).

Penyerahan Izin Program Studi Baru ini dilaksanakan Bersamaan dengan Acara Workshop Tata Kelola Penyelenggaraan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Bagi Pimpinan PTS di Lingkungan Kopertis Wilayah II di Hotel Excelton Palembang, Senin (5/2/2018).

Menurut APTIKOM (Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer), menjelaskan bahwa TEKNOLOGI INFORMASI (Information Technology), menekankan pada kemampuan individu dalam merencanakan, menentukan, dan mengelola teknologi informasi, di mana fitur dan kapabilitas teknologi untuk nilai tambah, mencakup di antaranya:

  1. Fokus pada aspek “teknologi” sebagai entitas pemungkin (enabler) organisasi.
  2. Menekankan pada proses tata kelola, perencanaan dan organisasi, pengadaan dan implementasi, penerapan dan pemeliharaan, serta pengawasan dan evaluasi sumber daya teknologi informasi yang ada pada suatu institusi.
  3. Spektrum fokus kurikulum dari sekedar mempelajari kecenderungan teknologi di masa mendatang hingga melakukan “perancangan” ide atau gagasan terhadap inovasi teknologi yang dibutuhkan organisasi.
  4. Kurikulum akan sangat padat dengan isu tata kelola dan governance teknologi informasi.

Variasi Nama: Teknologi Informasi, Teknologi Informasi dan Komunikasi,
Teknik Informasi, Telematika, Teknologi Informatika, dan lain
sebagainya.

Road Map Program Studi Teknologi Informasi

Roadmap Program Studi Teknologi Informasi

Roadmap Program Studi Teknologi Informasi

Program Studi Teknologi Informasi menitikberatkan pengembangan dan implementasi pembuatan aplikasi sistem informasi, dalam jaringan server client yang berbasis local area network maupun internet online dan memiliki kecakapan dalam berkomunikasi dan manajemen project.

Pembelajaran Teknologi Informasi mengacu pada cara, dan teknis bagaimana cara membuat sistem informasi yang lengkap dan terintegrasi selain itu juga mampu melakukan konfigurasi jaringan kabel, mikrotik sampai maintenance komputer dan laptop. Program Studi Teknologi Informasi sangat sesuai bagi personal yang ingin membangun software mobile android, website dan dekstop.

Skema Pembelajaran Teknologi Informasi

Skema Pembelajaran Teknologi Informasi

Program Studi Teknologi menghasilkan lulusan yang mampu bekerja secara efektif dalam merencanakan, mengimplementasikan, mengkonfigurasi, dan merawat infrastruktur teknologi informasi dalam organisasi.

 

Sumber: Ilkom UGM, Aptikom, dan Universitas Muhammadiyah Palembang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *